Tanya Dokter

  • Nyeri perut sebelah kanan

  •  okuta
    Anggota

    halo dok.

    perut saya suka tiba" nyut"an. ttp cukup jarang. hanya kadang" saja. plg sering di sebelah kanan pusar. hanya berlangsung 1 atau 2 detik saja. nilai rasa sakitnya 1 atau 2 dari 10. rasanya tidak seperti tertusuk. seperti cenut" menyebar ttp hanya sekali. nyuuut gitu dok. sptnya di dinding perut. tidak seperti jauh didalam perut. biasanya terasa kalau setelah makan lgsng saya pakai buat tidur. ttp kadang jg kapan saja bisa terjadi. bagaimana dok ?

    Halo, Rasa nyeri yang samar tersebut belum dapat dipastikan penyebabnya karena masih luas kemungkinan penyebabnya. Jika memang keluhan sering terjadi saat berbaring setelah makan, Anda dapat menghindarinya dengan memberi jarak antara waktu tidur dengan makan sekitar 3 jam. Dalam salah satu penelitian, berbaring setelah makan dapat memicu gangguan saluran cerna, misalnya:

    Anda dapat konsultasi ke dokter penyakit dalam jika keluhan tersebut tidak membaik, semakin sering dan disertai gejala-gejala lain seperti mual, muntah, demam. Dokter akan memeriksa daerah perut Anda, melakukan pemeriksaan darah dan USG jika diperlukan. Anjuran untuk Anda:
    • hindari makan berlebihan, makanlah dalam porsi kecil-kecil tetapi sering
    • menjaga berat badan ideal
    • tidak merokok
    Artikel ini dapat dibaca: Nyeri perut Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar