Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri perut saat hamil

  • Semalat malam dokter, dok mau tanya sy sedang hamil di 35week sejak abs makan malam koq perut sy berasa nyeri ya ? Dan memang sy lg terkena flu jg krn sy mau minum obat tdk berani akhirnya sy minum redoxon. Apa ad pengaruhnya sm redoxon dok yg menyebabkan perut sy nyeri ? Terima kasih

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Nyeri perut yang dialami saat kehamilan perlu diwaspadai.  Terdapat beberapa kemungkinan penyebab nyeri perut yang anda alami yakni:

    -Perut terisi gas yang memenuhi saluran pencernaan

    -BAB tidak lancar / konstipasi

    -Semakin bertambahnya usia kehamilan menyebabkan membesarnya rahim yang kemudian menyebabkan peregangan otot yang menimbulkan rasa nyeri

    -Pergerakan anak di dalam kandungan

    -Kontraksi palsu (Braxton Hicks) yang sering dialami pada kehamilan trimester ketiga menjelang persalinan

     

    Konsumsi redoxon  dapat menyebabakan peningkatan gas di saluran cerna, yang kemudian menimbulkan nyeri perut karena peregangan dinding perut bersamaan dengan kehamilan yang sedang berlangsung.

    Saya sarankan anda berkonsultasi mengenai keluhan anda dengan dokter spesialis kandungan untuk memastikan hal tersebut. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik, pemeriksaan tambahan misalnya pemeriksaan dalam dan pemeriksaan USG perut untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan yang anda rasakan.

     

    Anda harus SEGERA mencari pertolongan ke unit gawat darurat bila terjadi gejala berikut :

    -perut terasa kencang

    -nyeri perut yang bertambah berat 

    -demam atau menggigil

    -penglihatan berbayang

    -mual dan muntah

    -kontraksi teratur sebelum waktu persalinan

    -keluarnya darah ataupun air ketuban dari kemaluan, 

    -berkurangnya gerak janin dalam kandungan

     

    Beberapa anjuran yang dapat anda lakukan dirumah:

    -Tidur dengan posisi miring kiri atau kanan, hindari posisi terlentang

    -Lakukan olahraga untuk ibu hamil

    -Konsumsi makanan yang sehat bergizi

    -Tingkatkan konsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak serat

    -Hindari makan sekaligus dalam jumlah banyak, lebih baik makan dalam porsi kecil namun sering untuk mencegah perut terasa penuh

    -Hindari konsumsi makanan asam dan pedas

    -Minum air putih minimal 3liter/hari

    -Hindari konsumsi kopi, teh, minuman bersoda

    -Banyak istirahat dan batasi aktifitas fisik berat

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia