Tanya Dokter

  • Hubungan nyeri pinggang karena jatuh duduk dengan mandul

  •  Alena Delvia
    Anggota
    salam dok,2 tahun yg lalu saya terjatuh menggunakan sepatu roda posisi saya jatuh terduduk maaf(pantat) saya yg jatuh duluan ke tanah saya merasakan sakit yg hebat sampe ke jantung saya sakit nya saya tidak bisa bangun karna pinggang saya rasa nya goyang 2 hari kemudian saya di bawa ke tukang urut.tapi setelah pasca jatuh tsb dua tahun berlalu saya masih merasakan tidak bisa duduk dan tidur di lantai karna keram.tapi yg mengganjal di hati saya karna banyak yg bilang kalo jatoh seperti itu bisa mandul? Karna banyak fakta yg saya liat wanita setelah menikah bertahun* belum punya anak juga, karna semasa gadis nya pernah jatuh? mohon dok penjelasan nya dan apa yg harus saya lakukan,terimakasih
    Alena Delvia  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Setelah mengalami suatu kecelakaan atau benturan biasanya akan menyebabkan memar pada otot yang terkena. Atau pada keadaan dimana benturan cukup keras, maka dapat terjadi patah tulang atau pergeseran tulang. 

    Jika anda 2 tahun lalu pernah mengalami jatuh dengan posisi terduduk, dan hingga saat ini masih merasakan sakit dan sering merasa keram, maka hal tersebut mungkin saja disebabkan karena cedera pada otot sekitar daerah pinggang. Otot yang cedera dapat saja berlangsung hingga bertahun tahun, sehingga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri atau keram. 

    Tetapi selain itu , keadaan sering keram dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti misalnya patah tulang, pergeseran tulang. 

    Jatuh dengan posisi terduduk tidak menyebabkan seseorang menjadi mandul. Jatuh dengan posisi terduduk tidak mempengaruhi terhadap tingkat kesuburan seseorang. Tingkat kesuburan seseorang di pengaruhi oleh kadar hormon, kesehatan rahim, dan dipengaruhi oleh siklus haid. Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan sulit punya anak seperti misalnya kista ovarium, mioma uteri, endometriosis, kadar hormon yang tidak normal.

    disarankan jika anda masih sering merasakan keram pada daerah pinggang, maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. 

    Disarankan agar anda menerapkan pola hidup sehat karena dapat berpengaruh terhadap keseburan seperti misalnya tidak merokok, hindari konsumsi alkohol, olahraga teratur, cukup konsumsi sayur dan buah. Sebaiknya jika mengalami benturan atau kecelakaan segera periksakan diri langsung ke fasilitas kesehatan terdekat. 

    Berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Mandul atau tidak pastikan dengan test kesuburan

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny