Tanya Dokter

  • Nyeri pinggang, persendian dan hawa badan sering terasa panas

  • Dokter, Saya Siska umur 16 Tahun.

    Ibu Saya sering merasa sakit pada persendian kaki seperti lutut dan betis. Pinggang juga sakit, dan Hawa Badan terasa Panas walau dari kulit luar itu biasa saja. Kira-kira apakah penyebab penyakit itu ? apakah karna Asam urat atau Kolestrol ? Soalnya sudah lama ibu saya sakit seperti itu.

    Mohon Penjelasannya Dok.

    Terima kasih..

    Halo Siska, terima kasih atas pertanyaannya. Nyeri pinggang yang menjalar ke kaki bisa disebabkan oleh banyak hal. Nyeri biasanya timbul akibat gangguan pada tulang, otot, sendi dan saraf serta organ yang terdapat di sekitar daerah pinggang. Berikut beberapa kemungkinan penyebab nyeri yang Anda rasakan :

    • kelelahan akibat penggunaan otor berlebihan
    • fibromyalgia
    • batu ginjal
    • infeksi saluran kemih
    • osteoarthritis
    • dislokasi sendi
    • saraf terjepit

    Penumpukan asam urat pada sendi memang sering menyebabkan peradangan serta timbul nyeri pada sendi. Namun biasanya nyeri akibat asam urat tinggi akan menimbulkan kelainan pada sendi seperti bengkak dan merah, disamping itu asam urat lebih sering menyerang sendi-sendi kecil pada jari. Sementara asam urat yang tinggi biasanya menimbulkan gangguan aliran darah, kolesterol biasanya akan menempel pada dinding-dinding pembuluh darah sehingga pembuluh darah akan menyempit dan kaku. Efek paling sering adalah menimbulkan kesemutan, kondisi yang paling dikhawatirkan dari kolesterol yang tinggi adalah timbulnya stroke atau serangan jantung. 

    Namun tidak perlu khawatir, usia muda 16 tahun jarang terserang penyakit metabolik seperti gangguan kolesterol dan asam urat. Hal ini diakibatkan metabolisme tubuh yang aktif serta penumpukan kolesterol yang masih minimal. Nyeri yang Anda alami biasanya hanya disebabkan kelelahan akibat penggunaan otot yang berlebihan (misal aktifitas berat), nyeri ini biasanya akan membaik dengan istirahat atau penggunaan anti nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

    Nyeri pada pinggang yang disertai demam dan gangguan berkemih perlu diwaspadai, segera temui dokter terdekat apabila gejala tersebut muncul. Jangan ragu untuk menemui dokter ketika nyeri menetap terus menerus. Dokter mungkin akan meminta Anda melakukan pemeriksaan darah, urin atau foto rontgen apabila diperlukan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa