Tanya Dokter

  • Nyeri Punggung atas dan bahu

  •  Ardhi Heka
    Anggota

    Ass. Dok mau tanya saya mengalami nyeri di punggung kanan atas/bahu, otot terasa kaku sudah sekitar 8 bulan, dan rasa nyeri menyebar ke dada kanan atas, terkadang leher juga kaku, jika bahu saya gerakkan ke atas (ke arah leher) terasa nyeri sekali dan bunyi krek di daerah pundak kanan atas,, itu penyakit apa ya dok? trus bagaimana cara mengatasinya, tks

    Halo,   Nyeri punggung atas bahu yang menjalar disertai leher kaku bisa disebabkan karena :

    1. stenosis cervical
    2. cedera otot
    3. Bursitis
    4. Gangguan sendi gelang bahu
    5. Osteoartritis gelang bahu dan atau cervical.
    6. distonia cervical
    7. Dll.
    Untuk mengetahui penyebabnya maka perlu dilakukan pemeiksaan secara lamgsung mengenai kondisi keluhan Anda. Maka itu sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter ortopedi secara langsung untuk memeriksakan diri dan melakukan tes medis lain jika perlu. Beberapa jenis pemeriksaan bisa dilakukan seperti EMG ( pemeriksaan otot leher dll), Rontgen bahu, CT SCAN, dll. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa dilakukan segera untuk mengurangi nyeri Anda. Untuk membantu mengurangi gejala yang Anda rasakan maka Anda bisa melakukan beberapa cara yakni :
    1. Mengompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin dan hangat bergantian. Jika kondisi gelang bahu Anda bengkak maka utamakan pemberian kompres dingin. Namun jika tidak ada pembengkakan maka kompres dingin dan hangat bisa dilakukan bergantian.
    2. Minum obat pereda nyeri.
    3. Minum obat pelemas otot sesuai resep dokter.
    4. Melakukan massage ringan, hindari mengurut bagian yang sakit terlalu kuat sebelum mengetahui penyebabnya.
    5. Melakukan stretching otot leher dan bahu.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi