Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri rusuk bagian kanan bawah saat menarik nafas

  •  nadella
    Anggota
    Dok saya wanita umur 19 tahun. 2 hari ini saya merasakan nyeri ketika mengambil nafas, menguap dan bersin. Beberapa waktu yang lalu saya juga merasakan hal seperti ini tetapi hilang sendiri rasa sakitnya. Saya agak takut karena waktu kecil sekitar kelas 3 SD saya pernah mengalami gejala infeksi paru-paru dan pernah ada cairan di dalam paru-paru. Lalu ibu saya juga mengalami efusi pleura sampai beliau meninggal. Selain itu, saya juga pernah waktu kelas 3 SMP merasakan nyeri pada dada sebelah kiri atas, jantung saya rasanya berdetak seperti terjeda dan terasa nyeri tetapi tidak berkelanjutan atau hanya pada saat itu saja (hitungan detik). Tetapi sejak saat itu saya merasakan hal yang sama pada jantung saya beberapa kali. Apakah hal itu berbahaya dan apa penyebabnya dok? Mohon bantuanya :)

    Dear Nadella,

    Nyeri pada area rusuk bisa disebabkan oleh:


    Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:

    • sediakan waktu istirahat dan tidur yang cukup
    • konsumsi makanan bergizi seimbang
    • olahraga teratur seperti jalan kaki selama 30 menit minimal 3 kali seminggu
    • minum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol
    • batasi makanan pedas dan berminyak
    • jangan mengurut area yang sakit


    Jika keluhan Anda memburuk, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Dokter akan menelaah lebih lanjut keluhan Anda dan akan melakukan pemeriksaan fisik, khususnya pemeriksaan fisik dada. Pemeriksaan penunjang seperti tes laboratorium, EKG, ekokardiografi, CT scan mungkin akan dianjurkan dokter untuk membantu menegakkan diagnosis. Terapi yang tepat akan diberikan oleh dokter.

    Waspada apabila nyeri dada bertambah hebat, disertai sesak napas, nyeri menjalar ke punggung, bahu, lengan, terdapat keringat dingin, pusing, mual, muntah. Segera ke RS atau dokter terdekat jika Anda mengalami hal-hal tersebut.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Rony Wijaya