Tanya Dokter

  • Cara mengatasi sakit pada bagian bekas melahirkan saat berhubungan intim

  •  Bundanya Qila
    Anggota

    Dok, mau tanya.. Sya hbis melahirkan smpe skrg ga brni brhubungan krna skit bkas jahitan sudah hmpir 2bln ..cra yg aman mlakukan hub bgaimana dok,, dan suami suka kcwa knp area v saya kering ..dan susah mengeluarkan cairan..minta solusinya dok..

    Hai Masa pulih vagina setelah melahirkan sekitar 2 bulan dan dapat menjadi lama bila adanya jahitan akibat luka episiotomi (pelebaran jalan lahir). Sebaiknya pada masa ini hubungan intim ditunda terlebih dahulu sampai vagina benar-benar pulih. Waktu pulih ini adalah untuk memberikan waktu pada rahim untuk mengeluarkan perdarahan, cairan masa nifas serta penyembuhan luka jahitan. Akibat luka jahitan memang dapat menyebabkan nyeri saat berhubungan setelah persalinan. Selain itu akibat perubahan hormonal juga menyebabkan kondisi vagina lebih kering, serta terjadi penurunan gairah seksual pada wanita. Pada kondisi vagina yang kering maka terjadi gesekan penis pada dinding dinding vagina yang membuat nyeri semakin terasa baik dirasakan pada wanita dan pria. Semua itu hanya sementara dan akan kembali normal seiring berjalannya waktu sehingga dibutuhkan kesabaran dan pengertian dari suami Anda. Solusi yang dapat Anda lakukan, antara lain:

    • Melakukan intimasi secara perlahan, bisa dengan berpelukan, berciuman, rangsangan manual dengan jari, dsb
    • Mencari posisi berhubungan yang tidak terlalu menimbulkan rasa nyeri, namun jika nyeri sangat terasa, sebaiknya jangan memaksakan.
    • Memfokuskan pikiran saat berhubungan intim tanpa rasa khawatir misal takut bayi terbangun, dsb
    • Senam kegel untuk menguatkan kembali otot vagina.
    Tim alodokter.com telah mengulas secara lengkap mengenai hubungan intim setelah melahirkan untuk Anda, dapat dibaca pada artikel berikut ini: Jarang melakukan hubungan intim setelah melahirkan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william