Tanya Dokter

  • nyeri saat haid

  •  Salma
    Anggota

    Selamat sore dok.saya mau tanya umur saya 24 th. Setiap menstruasi perut saya selalu sakit dok, kadang terasa seperti mau lepas vaginanya (maaf), disertai pegal pada pinggang, dan pegel2,terkadang juga disertai migrain dan mual2. apakah hal ini wajar dok? Haruskah saya periksa?

    Salma  fb-mastersbound
    Anggota

    Harus periksa... Persis seperti istri saya dulu yg suka seperti itu... Tp jika sampai mual dan muntah itu tidak di alaminya...hanya saja sakitnya yg sering... Sudah di periksa ke doktr kandungan katanya normal.lalu coba ke dukun beranak utk di pijat sekitar perut ... Katanya rahim istri saya sempit sehingga jika menstruasi sakitnya seperti itu.. Dan akan susah untuk punya keturunan...dan nyatanya saya 5 thn sudah menikah dan belum pnya anak sampai sekarang (Wallohu alam),.. 😢😢😢😢 Jangan salah... Punya penyakit gangguan lambung pun bisa pengaruhi siklus haid.. Karna lambung pusat menampung makanan yg di alurkan ke tubuh... Untuk penyembuhan lambung saya sarankan pakai cuka apel dan madu murni setiap hari sblm makan apa2.. 2x sehari 1 sendok makan cuka apel,2 sendok madu murni... Diminum pada waktu bersamaan.. Jangan khawatir sakit lambung.. Karena cuka apel malah bagus untuk netralisir asam lambung. harus cek darah juga... Terutama bagi yg bergolongan darah B di anjurkan untuk menghindari konsumsi daging merah seperti daging sapi kambing domba juga seafood, bahkan daging ayam dan telurnya pun di anjurkan untuk tdk sering2 konsumsinya..boleh sekali2... Kecuali ikan air tawar yg boleh kapan saja d makan...Ganti smua protein hewani dengan protein nabati ..karakteristik darah tebagi 2.. Kental dan encer... Jika trgolong kental hendaklan banyak konsumsi buah dan sayur bnyk olahraga dan jgn stress,semakin badan anda sibuk semakin bagus... Jika karakteristik darahnya encer justru sebaliknya... Konsumsi makanan yg berprotein tinggi seperti alpukat daging sapi kedelai cokelat kopi susu. "Untuk kopi tdk di sarankan jika anda sakit magh" hindari makan bawang putih semangka timun belimbing nanas dan buah lainnya yg mengandung kadar air tinggi... Meskipun alamduliah istri saya esekarang gk begitu tersiksa jika haid datang tp alhamdulillah juga belum di kasi momongan 😢... Khasiat cuka apel buat semua penyakit+madu asal rutin ... Terserah merek apa juga asalkan cukanya benarw asli cuka apel.. Bukan extra atau yg lainnya.. Karena slain buatnerlisir asam lambung tinggi cuka apel juga berkhasiat tangkl rdikal bebas karena punya ani oksidan tinggi.. Semoga bermanfaat..

    Dear Salma, Nyeri saat menstruasi dapat disebabkan oleh hal yang normal yaitu akibat kontraksi otot rahim. Kontraksi ini menghentikan suplai darah dan oksigen ke dinding rahim yang menyebabkan dilepaskannya mediator nyeri. Selain itu, nyeri saat menstruasi dapat disebabkan oleh:

    Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan. Penelusuran gejala dan pemeriksaan fisik akan dokter lakukan. Pemeriksaan penunjang seperti tes darah dan USG dapat dokter anjurkan dan lakukan. Penanganan yang tepat akan dokter berikan. Anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • sambil berbaring, Anda dapat mengangkat kaki ke atas saat mengalami nyeri menstruasi
    • usahakan untuk mempunyai berat badan yang mendekati normal
    • minum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol atau ibuprofen
    • manajemen stres dengan bijak
    • konsumsi makanan bergizi secara teratur
    • minum air putih dalam jumlah cukup minimal dua liter perhari
    • hindari merokok dan minum minuman keras
    Artikel yang dapat Anda baca: Penyebab nyeri haid yang tidak tertahankan Semoga bermanfaat dan salam, dr. Rony Wijaya