Tanya Dokter

  • nyeri saat menstruasi

  •  memey cimut
    Anggota

    Dok umur saya 22th setiap kali menstruasi sering mengalami nyeri haid kadang disertai demam. Itu berlangsung dihari pertama haid dan hari ke2 haid. Bagaimana cara mengatasinya dok karena dari pertama kali menstruasi umur 12th sampai sekarang masih sering nyeri.

    Halo Memey, Rasa nyeri yang dialami saat menstruasi merupakan gejala yang disebut pre menstrual syndrome. Hal ini wajar terjadi di hari pertama sampai kedua menstruasi. Menstruasi terjadi ketika jaringan endometrium yang telah mengalami penebalan meluruh akibat tidak adanya proses kehamilan. Ketika meluruh inilah, otot rahim mengalami kontraksi sehingga menimbulkan rasa nyeri. Ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan seorang wanita mengalami nyeri hebat saat menstruasi seperti merokok, belum pernah melahirkan, obesitas, mengkonsumsi alkohol dan juga darah yang dikeluarkan cukup banyak. Ketika rasa nyeri terasa sangat hebat dan menetap dari awal mentruasi sampai akhir menstruasi, perlu dipikirkan penyebab lain seperti :

    • Endometriosis
    • Infeksi pada saluran reproduksi
    • Penyakit radang panggul
    • Dll
    Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meredakan rasa nyeri saat menstruasi adalah mengompres perut dengan air hangat, meminum obat penahan nyeri bila diperlukan, dan juga berolahraga secara teratur. Silahkan membaca diskusi berikut dengan keluhan yang serupa dengan Anda Nyeri hebat saat haid Semoga membantu, dr. Tri  

    terimakasih.