Tanya Dokter

  • nyeri saat menstruasi.

  •  Sarma Wanti
    Anggota

    Halo dok..dok saya mau nanya,kemarin saya sudah usg kedokter kandungan karena selama ini jika saya menstruasi sangat nyeri bngt dok, ternyata ada warna hitam di dalam perut saya, tpi bukan di rahim dok.jadi saya mau nanya apakah itu berbahaya dok atau apakah itu nantinya ada efek dalam program kehamilan dok? Tolong penjelasannya y dok.

    Hai Sarma Nyeri saat menstruasi dapat normal pada wanita akibat dari kontraksi rahim serta hormonal. Biasanya nyeri berlangsung pada 1-2 hari pertama dan akan berangsung berkurang di hari selanjutnya. Bila nyeri menstruasi sangat hebat, terus menerus dan atau disertai adanya gejala lain seperti menstruasi tidak teratur, keputihan, dsb ada kemungkinan adanya gangguan pada rahim atau indung telur yang umumnya dapat dideteksi melalui pemeriksaan USG. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkn nyeri menstruasi yang hebat, antara lain:

    Tidak jelas apakah yang dimaksud dengan warna hitam pada pemeriksaan USG tersebut, karena pemeriksaan USG hanya memperlihatkan warna hitam, putih dan abu-abu. Bila memang ada sesuatu yang berwarna hitam diluar rahim, mungkin merupakan suatu kista ovarium (indung telur) atau kista endometriosis. Dimana suatu kista akan berwarna bulat kehitaman pada pemeriksaan USG karena berisi cairan. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan langsung pada dokter yang memeriksa untuk pastinya. Bila memang suatu kista ovarium, tidak selalu menyebabkan gangguan pada kesuburan, tergantung pada jenis dari kista tersebut. Kista ovarium yang dapat mengganggu kesuburan yaitu PCOS (sindrom polikistik ovari) dan kista endometriosis. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Kista ovarium, apakah menghambat memiliki keturunan? Penyebab nyeri menstruasi yang tidak tertahankan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william