Tanya Dokter

  • Nyeri gigi pasca alami benturan

  •  anayana
    Anggota
    Halo dok, Gigi depan saya yg dibagian atas ada 1 yg mundur dan yg disebelahnya sepertinya sdikit maju, kurang yakin sih dok tapi terasa kayak mengganjal ktika bibir dirapatkan. Itu disebabkan terbentur aspal. .keduanya nyeri dok, saat trsentuh lidah aja juga nyeri. Bahkan untuk makan pun langsung telan tanpa dikunyah. & saat Menggosok gigi pun sulit. Kondisi gigi saya ini bisa dinormalkan lagi atau tidak?

    Halo Anayana, terima kasih atas pertanyaannya. Benturan pada daerah mulut patut diwaspadai adanya patah atau retak pada jaringan tulang atau gigi. patah atau retaknya jaringan tulang rahang atau gigi tentu akan menimbulkan nyeri akibat munculnya sel-sel radang pada jaringan yang rusak tersebut. Selain itu nyeri pada gigi juga bisa diakibatkan oleh gigi berlubang, radang gusi, abses pada gusi, pertumbuhan gigi yang tidak normal. 

    Namun nyeri gigi yang muncul setelah adanya benturan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter gigi terdekat. Nyeri yang muncul bisa saja diakibatkan luka memar pada daerah gusi namun tetap ada kemungkinan terjadinya patah pada tulang rahang sekitar gigi. Sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut guna menentukan penyebab dari keluhan yang Anda alami. Dewasa ini telah banyak ditemukan metode dan teknik untuk memperbaiki gigi menjadi rapih kembali. Konsultasikan keluhan yang Anda alami ke dokter gigi terdekat, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan x-ray untuk melihat struktur gigi dan tulang rahang Anda jika diperlukan. 

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa