Tanya Dokter

  • Nyeri sendi lutut saat ditekuk atau jongkok

  •  Aya Octavia
    Anggota

    Siang Dok,

     

    saya ingin bertanya sudah beberapa hari ini saya mengalami nyeri persendian pada bagian lutut, terlebih saat posisi ditekuk saat duduk dan jongkok terasa sakit sekali, dan secara fisik terlihat agak membengkak. kemungkinan gejala apa ya? dan apakah bisa parah?

     

    terima kasih .

    Halo Aya......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada sendi lutut paling sering disebabkan oleh karena penyakit asam urat atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai gout.

    Gejala penyakit asam urat sendiri diantaranya adalah timbulnya rasa sakit yang tidak tertahankan, timbul pembengkakan pada sendi, timbul rasa panas di persendian, sendi sulit digerakkan. Meski semua sendi di tubuh dapat terkena penyakit asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi lutut, sendi jari tangan, pergelangan kaki, dan jari kaki.

    Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan kristal - kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Seseorang yang suka mengonsumsi makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat contohnya Jeroan, hidangan laut, daging merah, emping, dan orang yang gemar minum beralkohol, berisiko tinggi terkena penyakit asam urat.

    Akan tetapi selain oleh karena penyakit yang telah disebutkan diatas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : cedera pada tulang rawan dan kerusakan Tandon atau ligamen, Osteoarthritis, TendoNitis, pendarahan pada sendi, infeksi misalnya artritis.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara : konsumsi obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi pada tubuh Anda, banyak beristirahat, mengompres lutut dengan es, meminimalisasi gerakan pada lutut, menaruh kaki yang sakit pada posisi lebih tinggi ketika berbaring dengan mengganjalnya menggunakan bantal.

    Akan tetapi kami tetap menyarankan untuk segera menemui dokter, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    ASAM URAT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati