Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri pada perut kanan bawah

  •  trianingsih
    Anggota

    selamat siang dok saya tria, dok sebenarnya banyak yg akansaya tanyakan pertama saya pada hari sabtu minggu lalu lambung saya kambuh pada saat itu sekalian dengan masuk angin dan tidak bisa buang gas, setelah itu saya langsung di bawa ke klinik, dari klinik saya dikasih obat, nah setelah dikasih obat saya mengalami diare , kemudian selang 2 hari saya periksa ke dokter lain sama dokter yg baru tetep diagnosanya sama yaitu lambung, dari situ saya di kasih obat lambung dan diare, diare sekrg udh sembuh dok, tapi kenapa ya pada bagian perut kanan bawah terasa nyeri hilang timbul, terus kalau dibuat BAK rasanya sakit tapi pas BAK tidak ada darahnya, kadang juga merasa kayak penuh gitu perutnya, selain itu sesekali dibuat miring kekiri sakit sampai buat bernapas juga ikut nyeri 

    .

    maaf ya dok kalau pertanyaannya terlalu banyak,mohon dijawab ya dok 

    terimakasih :)

    Hai Trianingsih, 
    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perut yang terasa nyeri, kembung, penuh, hingga menyebabkan sulit bernapas memang paling sering diakibatkan oleh peningkatan asam lambung, atau dalam dunia medis disebut dengan sebutan sindroma dispepsia. Keluhan ini pada umumnya terasa paling dominan di perut bagian atas (epigastrik, ulu hati), namun juga tidak menutup kemungkinan bisa menyebar ke bagian perut lainnya.

    Ada banyak pemicu sindroma dispepsia, mulai dari pola makan yang tidak teratur, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung, stres, perubahan hormonal, hingga karena penyakit, misalnya gastritis, GERD, tukak lambung, kolangitis, pankreatitis, demam tifoid, dan sebagainya.

    Apabila nyeri yang Anda rasakan lebih dominan muncul di perut kanan bawah dan disertai susah BAB, maka perlu juga dipikirkan kemungkinan lainnya, misalnya:

    • Apendisitis (radang usus buntu) 
    • Ileus obstruktif (sumbatan usus) 
    • Peritonitis (radang selaput pembungkus perut) 
    • Infeksi saluran kemih
    • Batu saluran kemih
    • Endometriosis (pertumbuhan abnormal jaringan endometrium di luar rahim) 
    • Kista ovarium (pertumbuhan kantung berisi cairan di indung telur) 
    • Kehamilam ektopik (hamil di luar rahim), dan sebagainya

    Semua kondisi di atas bisa juga memicu sindroma dispepsia.

    Apabila keluhan sudah pernah Anda periksakan ke dokter, namun belum juga membaik, coba Anda periksakan kembali keluhan Anda ke dokter ya.. Jika perlu, dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium, rontgen, atau USG.

    Sebagai langkah awal, kompres perut yang nyeri dengan air hangat. Biasakan makan secara teratur, namun batasi makanan yang pedas, berlemak, mengandung banyak gas, dan kafein. Batasi dulu mengangkat barang berat dan tinggikan kaki saat tidur untuk mengurangi nyerinya.

     

    Artikel berikut mungkin bermanfaat bagi Anda:

    Nyeri perut kanan

    Dispepsia

     

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah