Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri saat berkemih dan sering buang air kecil

  • Alodokter saya Ai umur 19 tahun saya mau tanya dok kenapa ya pada saat tetesan terakhir, mulai haid saat ini, di saat tetesan terakhir buang Air Kecil terasa nyeuri dan sering buang air kecil terus padahal haid bulan bulan yang sudah mah gak pernah merasakan itu, mohon jawaban nya dok ! Terimakasih
    aiirohila11@gmail.com  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo aiirohila11@gmail.com,

     

     

    Nyeri pada saat berkemih dapat menunjukkan situasi yang tidak normal pada sepanjang saluran kemih dari ginjal sampai dengan saluran kemih bagian bawah. Umumnya nyeri yang dirasakan pada saat berkemih tidak memiliki hubungan dengan terjadinya menstruasi karena perbedaan organ yang mendasari kelainan tersebut.

     

    Nyeri pada saat berkemih dapat disebabkan karena infeksi pada saluran kemih (ISK), adanya batu pada saluran kemih, infeksi pada ginjal atau dapat disebabkan karena adanya iritasi pada daerah kemaluan. Sementara itu, seringnya buang air kecil dapat disebabkan karena infeksi pada saluran kemih, faktor psikologis tertentu seperti stress atau dapat disebabkan karena diabetes melitus (kencing manis).

     

    Beberapa anjuran yang terkait dengan keluhan diantaranya menghindari kebiasaan untuk menahan BAK, minum air putih dengan cukup setiap harinya, menghindari stress yang berlebihan dan juga berolahraga dengan teratur. Untuk mengurangi rasa nyeri anda dapat mengkonsumsi obat paracetamol namun apabila nyeri terus menetap lebih dari 3 hari, nyeri tidak hilang dengan pereda nyeri atau disertai dengan demam atau nyeri yang semakin hebat sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik atau pemeriksaan penunjang seperti USG, pemeriksaan urin atau pemeriksaan foto Roentgen untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang terjadi.


    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi