Tanya Dokter

  • dokter spesialis untuk nyeri tulang

  • Malem dok, saya sudah lama sakit bahu dan pangkal leher, menjalar sampai punggung, agar tahu penyakit apa yang saya alami, saya harus periksa ke spesialis syaraf atau kemana dok? kalo biaya MRI sampe berapa?

    Poespie Widodo  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat sore, Nyeri pada leher, bahu atau punggung dapat disebabkan oleh masalah pada tulang leher , otot-otot daerah bahu atau persyarafan sekitar daerah tersebut. Kondisi tulang yang memungkinkan seperti terjadinya penyempitan tulang cervical (leher), skoliosis (tulang punggung miring) sehingga menyebabkan tarikan ke daerah otot sekitar bahu, atau lainnya. Kondisi otot yang memungkin adalah akibat strain/peregengan berlebihan otot, sering memikul beban berat pada daerah bahu, posisi/postur tubuh sehari-hari yang tidak baik menyebabkan lelah atau tegang otot daerah leher belakang dan bahu, dll. Kondisi syaraf akibat syaraf terjepit yang dapat menyebabkan nyeri, kesemutan, rasa kebas pada daerah bahu dan tangan.

    • Pertama coba periksakan diri ke dokter agar dapat digali kira-kira faktor apa yang menyebabkan munculnya gejala tersebut. Jika didapatkan adanya faktor kemungkinan, maka dapat dilakukan upaya mengurangi atau menghilangkan faktor tersebut.
    • Anda juga disarankan sering melakukan peregangan dan olahraga, untuk melemaskan daerah persendian dan melatih daerah otot.
    • Hindari mengangkat/memikul benda berat seperti tas yang berat, dsb
    • Hindari posisi/postur tubuh yang tidak ergonomis atau tidak baik. Jika Anda merupakan pekerja yang sering menghabiskan waktu duduk di meja, maka perlu diperhatikan posisi duduk dan rutin melakukan peregangan setiap 2-3 jam.
    • Hindari tidur di matras yang terlalu lunak atau terlalu keras, untuk menghindari posisi tulang belakang yang membengkok, karena hal tersebut juga dapat menyebabkan nyeri.
    • Hindari penggunaan bantal berlebih, terlalu tinggi atau terlalu keras.
    • Hindari gerakan-gerakan mendadak pada leher, bahu atau lengan, karena pad akondisi kaku otot menjadi mudah strain/sprain.
    • Jika setelah melakukan upaya-upaya tersebut, masih merasakan tidak enak atau nyeri maka dapat kembali berkonsultasi kepada dokter
    Untuk keluhan Anda, sebaiknya Anda bertemu dokter umum terlebih daulu agar bisa ditentukan ke arah mana penyebab nyeri Anda, dan kemudian diberikan rujukan ke spesialis jika memang diperlukan. Untuk melakukan pemeriksaan MRI sebaiknya menunggu saran dari dokter, dan dilakukan jika memang ada indikasi bahwa pemeriksaan tersebut diperlukan. Mengenai berapa harganya saya kurang tahu, berbeda-beda tergantung rumah sakit. Anda dapat mencoba menelfon rumah sakit dan menanyakann kisaran harganya. Artikel lengkap terkait kondisi Anda dapat dibaca pad alink berikut : Sakit Leher, Nyeri Punggung, Skoliosis. Sekian informasi dari saya, semoga dapat bermanfaat.