Tanya Dokter

  • Krim tretinoin untuk mengobati pigmentasi akibat gigitan kutu

  •  Alica Rahma
    Anggota

    Dok,apakah tabir surya atau cream seperti tretinoin bisa mengatasi pigmentasi kulit sebab gigitan kutu busuk?

    Halo, Gigitan serangga, bekas jerawat, ataupun bekas luka seringkali meninggalkan bekas kehitaman (hiperpigmentasi) pada kulit yang sulit dihilangkan. Beberapa metode yang dapat ditempuh untuk menyamarkan hiperpigmentasi pada kulit:

    • Penggunaan krim pemutih, yaitu yang mengandung Hidrokuinon dan Tretinoin. Penggunaan krim ini mengakibatkan kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari, oleh karena itu dibutuhkan perlindungan dengan Tabir surya dengan SPF minimal 30. Tabir surya sendiri tidak dapat mengatasi hiperpigmentasi kulit namun lebih sebagai proteksi terhadap efek buruk paparan matahari. Perlu diingat bahwa penggunaan krim berbahan Hidrokuinon dan Tretinoin membutuhkan peresepan dan harus dalam pengawasan Dokter Spesialis Penyakit Kulit. Dokter akan memantau dosis dan frekuensi pemakaian krim sesuai kondisi kulit dan derajat hiperpigmentasi yang dialami.
    • Chemical peeling, yaitu penggunaan bahan kimia tertentu untuk mengelupaskan bagian kulit yang mengalami hiperpigmentasi sehingga dapat menyamarkan bekas kehitaman.
    • Laser Resurfacing, pada kondisi tertentu di mana hiperpigmentasi cukup berat dapat dilakukan tindakan penembakan dengan sinar Laser. Cara ini cukup efektif untuk menyamarkan hiperpigmentasi.
    Disarankan untuk berkonsultasi kepada Dokter spesialis kulit dan kelamin untuk menentukan metode penanganan hiperpigmentasi yang paling tepat bagi Anda. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hiperpigmentasi pada bekas luka:
    • Obati setiap luka pada kulit sesuai anjuran Dokter
    • Jangan mengorek-ngorek luka karena meningkatkan resiko terjadinya hiperpigmentasi
    • Hindari paparan sinar matahari langsung pada kulit yang terluka.
    Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr.Muliani