Tanya Dokter

  • Obat untuk adnexitis

  •  echa123
    Anggota

    Selamat pagi dok,

    Saya ingin menanyakan, pd oktober th 2014 saya mrasa nyeri di perut kanan bawah. kmdian pd bulan februari saya disarankan rontgen abdomen oleh dokter. stelah konsultasi tnyata saya ada adnexa dextra. kemudian saya mnjalani pengobatan ttpi masih saja sakit. dokter mnyarankan utk terapi diathermi, sayapun mngikuti saran beliau. ttpi blm mnunjukkan k arah sembuh. masih nyeri. akhirnya sm dokter disarankan utk rawat inap agar pemberian antibiotik mlalui infus pd blan agustus 2015 dan mjalani swab vagina, hasilnya ada bakteri streptococcus gram(+) disana. sayapun mengiyakan. ttpi blm mnunjukkan k arah yg lebih baik. trakhir usg september2015 malah justru organ sudah mngalami perlengketan. Kira2 apakah adnexitis bisa disembuhkan? kalau setiap sakit saya minum obat saya takut malah berbahaya bagi ginjal saya. Apakah bisa menggunakan obat herbal ex. kunyit putih, daun sirsak, atau kulit manggis? dan kira2 makanan apa yg harus saya konsumsi/tdk boleh dikonsumsi untuk mendukung penyembuhan?

    Hai, Perlengketan merupakan proses penyembuhan luka jaringan, persis sebagaimana yang terjadi di kulit yang mengalami luka. Di kulit, penyembuhan akan menimbulkan jejas yang disebut scar / jaringan parut. Pembentukan scar / jaringan parut ini membentuk protein yang disebut fibrin, yang bersifat lengket dan menarik jaringan sekitar. Proses radang, baik buatan (mis. pembedahan perut) maupun alami (mis. infeksi) akan memicu pelepasan fibrin dari jaringan karena respons terhadap radang. Tubuh sebetulnya juga dilengkapi dengan protein pengurai fibrin, yang mencegah perlengketan ini; akan tetapi, semakin kuat radang, semakin banyak juga fibrin yang dilepaskan. Akibatnya, semakin mungkin terjadi perlengketan. "Adnexa dextra" secara harafiah berarti adneksa (jaringan pendamping - rahim) sebelah kanan. Peradangan adnexa secara kedokteran disebut sebagai adnexitis, yang secara umum disebut sebagai penyakit radang panggul. Salah satu komplikasi penyakit radang panggul adalah perlengketan. Sayangnya, proses perlengketan ini adalah proses menetap, dan sewaktu-waktu bisa menimbulkan komplikasi seperti usus terjepit atau gangguan kesuburan. Oleh sebab itulah, diagnosis dan penanganan dini menjadi penting untuk mencegah penyakit radang panggul. Penyakit radang panggul biasanya berasal dari keputihan akibat bakteri yang dibiarkan tidak diobati (biasanya penyakit menular seksual). Bisa juga karena pemasangan KB spiral yang kurang steril atau komplikasi pembedahan. Gejala penyakit umumnya mencakup nyeri perut bawah, keputihan tak normal dan demam. Penanganan penyakit radang panggul biasanya memerlukan antibiotik dan idealnya berupa antibiotik yang diinfus (memerlukan rawat inap). Sampai saat ini, belum diketahui apakah ada pantangan/anjuran makanan untuk mendukung proses penyembuhan perlengketan adnexa. Penanganan perlengketan biasanya mencakup observasi (kontrol rutin) guna mengetahui komplikasi sejak dini dan pembedahan untuk membebaskan perlengketan yang menyebabkan komplikasi (mis. usus terjepit atau gangguan kesuburan). Untuk lebih jelasnya, Anda sebaiknya berkonsultasi kembali dengan Dokter / Spesialis Kebidanan (Sp. OG) yang menangani Anda. Sekian, mudah-mudahan cukup jelas dan bermanfaat. dr. Radius Kusuma

    echa123  echa123
    Anggota

    Cukup jelas dan bermanfaat dok, memudahkan saya untuk berkonsultasi ke dokter. Jika tuba falopi tertutup apa ada kemungkinan terbuka dg terapi diathermi dokter?

    echa123  echa123
    Anggota

    Dan usaha apa yg harus dilakukan agar protein pengurai fibrin dapat berjalan dg efektif mengurai fibrin ini dok? Terimakasih :-)

    Hai, Terapi diatermi pada dasarnya menggunakan gelombang pendek untuk "memanaskan" jaringan, dengan harapan aliran darah menjadi lebih lancar. Biasanya dipakai untuk meredakan nyeri menahun. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa pemakaian terapi diatermi bisa membuka kembali tuba dan membuahkan kehamilan. Untuk lebih jelasnya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan Dokter Kebidanan Anda. Sampai saat ini, obat untuk memaksimalkan efek protein pengurai fibrin dalam hal perlengketan masih dalam penelitian. Obat pengurai fibrin saat ini banyak digunakan untuk membebaskan sumbatan pembuluh darah (mis. penyakit jantung koroner), namun belum ada laporan penggunaannya dalam pembebasan perlengketan organ dalam. Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma

    echa123  echa123
    Anggota

    Terimakasih dr. Radius Kusuma. :-) informasinya sangat bermanfaat. Semoga sukses selalu.