Tanya Dokter

  • Aturan pakai obat cetirizine untuk anak

  • met siang dok... Sy mau tanya dok.. Semalam anak sy yg usianya 3th keatas sy ajak ke toko, sepulangnya dr toko anak sy langsung gatal" dok di bagian telapak tangan sampe badan,trus langsung malam itu juga sy ke apotik tanya obat alergi buat anak yg nama obatnya INTRIZIN.. Alhamdulilah baru 1X minum semalam udah gk gatal" lgi dok.. Yg sy mau tanya.. cara minumnya obat INTRIZIN itu, berapa kali dalam sehari di minum untuk usia 3 thn.. Makasih dok
    Dien Gitasmara  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Dien,

    Intrizin berisi cetirizine. Saya akan membahas mengenai cetirizin secara umum ya. Cetirizine adalah antihistamin yang berfungsi mengatasi gejala alergi. Cetirizine memiliki lambang lingkaran merah dengan huruf K yang berarti penggunaannya sebaiknya atas resep dokter dan di bawah pengawasan dokter.

    Dosis cetirizine akan disesuaikan dengan berat badan dan usia pasien serta kondisi pasien. Oleh sebab itu sebaiknya Anda berkonsultasi mengenai dosis cetirizine pada dokter yang memeriksa anak Anda secara langsung ya. Hindari memberikan cetirizine tanpa anjuran dokter, terutama untuk anak. Beberapa efek samping cetirizine yaitu mengantuk, pusing, lemas, mual, dan diare.

    Apabila gejala alergi sudah membaik, umumnya konsumsi cetirizine bisa dihentikan. Sedangkan jika gejala alergi tidak juga membaik, sebaiknya anak segera dibawa ke dokter kembali ya. Dengan demikian, jika saat ini anak Anda sudah tidak gatal, anak Anda tidak perlu minum cetirizine lagi ya. Jika nanti muncul gatal kembali, konsultasikan dulu dengan dokter secara langsung mengenai penggunaan cetirizine.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Cetirizine

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y