Tanya Dokter

  • Mengatasi ruam merah di pipi anak

  • Dok,saya punya anak baru 6bln dari umur 3bln di pipi nya merah merah, sama ada benjolan di bawah telinga nya, udah di obatin tapi masih ada merah merah nya ?

    Terimakasih telah bertanya di alodokter

     

    Ruam merah yang dialami anak anda bisa disebabkan oleh berbagai hal antara lain :

    -Alergi / dermatitis/eksim atopik : Ruam kemerahan , bersisik dan gatal. Anak yang menderita dermatitis biasanya diturunkan dari orangtuanya (orangtua memiliki riwayat alergi)

    -Biang keringat : ruam muncul apabila anak sering berkeringat dan jarang mengganti pakaian, memakai pakain tebal atau belapis saat udara panas, memakai pakaian ketat

    -Infeksi jamur : Dapat berupa ruam kemerahan ataupun putih, kulit bersisik dan gatal

    -Infeksi virus : ruam kemerahan disertai dengan demam dan gejala infeksi saluran pernafasan

    dan lain sebagainya

     

    Untuk keluhan benjolan di bawah telinga bisa disebabkan karena lipoma (benjolan lemak di bawah kulit), kista ateroma , infeksi di derah telinga , skin tag dan lain sebagainya 

    Saya sarakan anda segera membawa anak anda ke dokter spesialis anak untuk mengetahui penyebab pasti keluhan anak anda. Untuk mendiagnosa suatu penyakit dokter harus melakukan wawancara langsung dan melihat kondisi anak anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap anak anda dan dilakukan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan darah untuk mengetahui kelainan atau infeksi yang mendasari keluhan anak anda.

     

    Anjuran yang dapat anda lakukan dirumah :

    -Membersihkan daerah pipi anak dengan kain halus sehabis memberikan ASI

    -Apabila anak berkeringat, harap mengeringkan dahulu keringatnya dan jangan langsung dimandikan.

    -Menggunakan bedak / lotion calamine untuk mengurangi ruam

    -Perhatikan apakah perubahan cuaca, suhu ruangan dan kelembapan udara mempengaruhi ruam kemerahan tersebut. Mungkin saja udara panas membuat ruam kemerahan muncul, dengan begitu anda dapat menempatkan anak anda pada suhu ruangan yang lebih sejuk. 

     

    Berikut artikel mengenai EKSIM ATOPIK

     

    Semoga membantu

    Salam, dr. Natalia