Tanya Dokter

  • apa obat untuk kemaluan yang gatal dan keputihan?

  • kemaluan saya gatal" dan keluar keputian hapir setiap hari gimana dok obat nya

    Hai,   Untuk mengobati keputihan hingga tuntas maka yang pertama kali perlu diketahui adalah penyebab dari keputihan yang Anda alami. Untuk mengetahuinya maka pemeriksaan fisik secara langsung akan diperlukan untuk menilai apa penyebab keluhan Anda secara pasti, sebab mendiagnosa tanpa melakukan pemeriksaan fisik adalah hal yg sulit dilakukan. Kemaluan yang terasa gatal disertai keputihan yang terus menerus setiap hari kemungkinan merupakan pertanda adanya infeksi pada organ intim Anda. Penyebab infeksi ini bervariasi antara lain :

    1. Infeksi jamur = organ intim terasa gatal disertai lendir keputihan berwarna putih susu yang tebal.
    2. Infeksi trikomonas = lendir keputihan berwarna kuning kehijauan dan disertai bau.
    3. Infeksi virus = lendir banyak disertai adanya luka lepuh pada organ intim.
    4. Infeksi gonore= lendir kekuningan disertai bau dan nyeri saat BAK.
    5. Infeksi vaginosis bakterial
    6. Dll
    Karena penanganan yang berbeda pada setiap penyebab maka pemeriksaan fisik menjadi satu faktor penting dalam menangani keluhan ini. Pemeriksaan lain yang mungkin dilakukan untuk memastikan penyebab keputihan Anda adalah tes darah, tes lendir keputihan dan tes urine. Penanganan infeksi keputihan akan disesuaikan dengan penyebab keputihan Anda, sebagai contoh jika ternyata dari hasil pemeriksaan didapatkan infeksi jamur maka pemberian obat anti jamur baik oral maupun vaginal akan dinerikan selama waktu dan dengan dosis yang disesuaikan kondisi masing masing penderita. Baca artikel Keputihan di SINI. Selain pengobatan, perawatan organ intim akan berperan untuk mencegah terjadinya keputihan berulang. Beberapa langkah perawatan yg sebaiknya Anda lakukan adalah :
    1. Membersihkan organ intim Anda minimal 2 kali sehari dengan air hangat.
    2. Lap kering organ intim Anda sehabis BAB/ BAK.
    3. Hindari penggunaan pantyliner setiap hari.
    4. Hindari penggunaan pembalut yang bisa menimbulkan alergi
    5. Gunakan celana dalam yang tidak ketat dengan bahan katun.
    6. Ganti celana dalam Anda jika basah.
    Semoga membantu.   Dr. Yusi    

    apa di sebab kan gak pernah mensturasi dokter saya habis copot suntik kb udah 2 bulan tpi selama gak pakek kb gak pernah menstruasi dokter