Tanya Dokter

  • obat apa buat menyembuhkan gatal?

  •  Yanti Chuabb
    Anggota

    Doc,awalnya adik sya yg terkena pnyakit gatal,skrg anak sma sya jg tertular gatal-gatal,trus skrg adik saya gatlnya tambah parah malah trjadi pembengkakkan disertai bernanah,solusinya pake obat apa ya doc?

    Halo, Jika gatal-gatal yang awalnya dialami oleh satu orang lalu pada akhirnya orang lain merasakan gejala yang sama, maka patut dicurigai gatal tersebut disebabkan oleh kudis atau gigitan tungau Sarcoptes scabiei. Tungau ini akan berada di bawah permukaan kulit dan menyebabkan ruam yang sangat gatal. Jika tidak segera diberi penanganan yang tepat maka tungau ini akan berkembang biak di bawah kulit. Untuk mendiagnosis penyakit ini Anda perlu membawa keluarga Anda ke dokter terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan uji tinta dan selain itu juga dapat dilakukan pemeriksaan biopsi kulit. Jika ternyata benar menderita kudis, maka dokter akan meresepkan obat berupa insektisida yang dioleskan di kulit. Selain itu dokter juga mungkin akan meresepkan obat anti histamin untuk mengurangi rasa gatal. Sangat disarankan agar penderita tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain. Selain itu sprei, handuk, pakaian sebaiknya direbus di dalam air mendidih. Bantal dan kasur dijemur di bawah terik sinar matahari. Untuk barang-barang yang tidak dapat dicuci, dimasukkan ke dalam plastik rapat dan didiamkan sampai 2 minggu. Selain kudis, gatal yang Anda sebutkan mungkin juga disebabkan oleh hal yang lain seperti :

    • Eksim
    • Infeksi jamur
    • Alergi
    • Dll
    Silahkan menemui dokter terdekat untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Artikel tentang kudis Semoga membantu, dr. Tri