Tanya Dokter

  • Pengobatan asam urat yang tepat

  • Dok saya mau tanya obat paling ampuh untuk mengurangi asam urat dan rasa nyeri akibat asam urat itu apa ya?tolong diinformasikan nama obat dan dosisnya terimakasih

    Halo AfriaLdy.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, penyakit asam urat atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai Gout, merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian.

    Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh karena tusukan kristal - kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat.

    Seseorang yang suka mengonsumsi makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat seperti Jeroan, hidangan laut, daging merah, dan seseorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol, akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat. Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik.

    Obat yang umumnya digunakan untuk meredakan Peradangan dan rasa nyeri adalah obat anti inflamasi non-steroid, seperti diclofenac, naproxen, etoricoxib, dan lain sebagainya.

    Sedangkan obat untuk mencegah serangan penyakit asam orang dan menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh, biasanya dokter akan meresepkan obat Allopurinol, Probenecid, dan lain sebagainya.

    Pada dasarnya dosis obat yang dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat haruslah sesuai dengan kondisi penyakit yang diderita saat ini. Sedangkan untuk mengetahui kondisi penyakit yang diderita saat ini harus dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung terlebih dahulu.

    Oleh karena itu, jika sampai saat ini rasa sakit masih saja terjadi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter, dan mendiskusikan masalah ini, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga segala sesuatunya terang & jelas, dan penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi saat ini.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    ASAM URAT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati