Tanya Dokter

  • Pengobatan radang tenggorokan dan sariawan

  •  Lely Fajar
    Anggota
    Selamat pagii dok,saat ini saya tengah sakit semacam radang dan sariawan. Tapi saya tidak tau ini radang apa. Di dalam mulut saya melepuh. Di dinding yg deket amandel sebelah kiri membengkak. Sebenernya saya radang apa yaa dok dan gimana ngobatinnya. Makasih

    Halo Lely, 

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Adanya keluhan radang pada tenggorokan ditandai dengan adanya sakit tenggorokan disertai dinding amandel yang membengkak disebabkan oleh beberapa hal dibawah ini. 

    1. Faringitis. Yaitu adanya infeksi dan peradangan pada tenggorokan, ditandai dengan nyeri menelan, batuk, bahkan demam. 
    2. Tonsilitis atau radang amandel yaitu kondisi infeksi dan peradangan pada amandel, ditandai dengan merah pada amandel dan dinding sekitarnya. Pada kondisi yang lebih parah dapat menyebabkan dinding amandel seperti terkelupas karena adanya proses peradangan yang cukup hebat. Karena adanya kondisi terkelupas atau melepuh biasanya sisa makanan dapat menumpuk pada area tersebut sehingga menyebabkan kondisi infeksi semakin berat jika tidak disertai dengan menjaga higienis mulut dengan baik. 
    3. Abses. Adanya proses infeksi yang lebih hebat di bawah lapisan selaput lendir yang melapisi tenggotorokan. Ditandai dengan adanya pembengkakan yang hebat di daerah tenggorokan sampai ke atas langit-langit. Nyeri menelan yang cukup mengganggu disertai dengan adanya demam. 
    4. Masalah pada gusi dan gigi geliligi. 

    Kondisi di atas dapat terjadi tersendiri ataupun dapat terjadi secara bersamaan karena bagian dari mulut ini saling berkaitan satu sama lain. Penanganan dari kondisi-kondisi di atas sangat bergantung dari gejala yang Anda rasakan saat ini serta pemeriksaan fisik langsung yang dilakukan oleh dokter. Sehingga saat ini sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan langsung ke dokter. Pemberian antibiotik sesuai dengan kondisi Anda disesuaikan dengan hasil konsultasi Anda nantinya. Untuk mengurangi keluhan Anda dan menjaga agar tidak berlanjut lebih jauh dapat mempertimbangkan beberap tips di bawah: 

    1. Menjaga higienis mulut dengan menggunakan obat kumur antiseptik
    2. Menyikat gigi minimal 2 kali sehari dengan perlahan dan lembut
    3. Menjaga asupan nutrisi yang cukup dan seimbang
    4. Menjaga hidrasi tubuh dengan mengkonsumsi air putih 8-10 gelas sehari
    5. Tidak memakan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin
    6. Hindari sementara makanan dengan berbumbu terlalu kuat atau jenis gorengan

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermafaat.

    Salam, dr. Tiwi