Tanya Dokter

  • Penanganan ejakulasi dini

  •  Yan
    Anggota

    Malam dok 1 pertanyaan lag, dok kadang kadang sya selalu melakukan aktifitas onani, tpi sya heran blmmm brapa menit hormon uda keluar? Kira kira obat buat tahan lama pda saat onani? Sehingga sya bisa puas dan tdk cpt keluar.

    Terima kasih dok

    Yan  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Yan, Mungkin yang Anda maksud dengan hormon sudah keluar adalah sudah berejakulasi atau mengeluarkan air mani. Onani atau masturbasi merupakan kegiatan merangsang diri sendiri untuk mencapai kesenangan atau sensasi seperti orgasme pada hubungan seksual. Masturbasi sendiri memiliki sisi positif dan negatif, dimana sisi positifnya adalah dapat mengontrol dan melatih orgasme dan mengetahui bagaimana cara mencapai orgasme. Sedangkan sisi negatifnya adalah dapat menimbulkan cedera atau sakit akibat masturbasi, tetap ada potensi terkena infeksi menular seksual terutama jika menggunakan alat bantu seks, dan jika terlalu sering dilakukan dengan cepat dan kasar maka bisa menimbulkan edema atau bengkak pada organ kelamin. Jika terlalu sering masturbasi juga dapat membahayakan kehidupan seksual dengan pasangan nantinya karena dapat menjadi gejala gangguan yang tidak lazim. Jika masturbasi terjadi terlalu cepat dapat menimbulkan gangguan, atau sering dikenal dengan istilah ejakulasi dini. Jika terjadi sesekali tidak perlu dikhawatirkan tetapi jika menjadi sering maka diperlukan penanganan. Masalah fisik dan psikologis bisa mempengaruhi terjadinya ejakulasi dini seperti misalnya stres, cemas, dan depresi. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi ejakulasi dini diantaranya adalah:

    • Mengatasi permasalahan psikologis yang terjadi
    • Mempelajari teknik relaksasi, pengalihan perhatian atau dengan memainkan tempo sehingga ejakulasi dini bisa tertangani
    • Obat-obatan juga dapat menjadi pilihan tertama jika masalah psikologis yang mendasari timbulnya ejakulasi dini
    • Hindari auto onani atau masturbasi yang secara cepat sehingga bisa menimbulkan ejakulasi dini
    Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.