Tanya Dokter

  • obat apa yang bisa menyembuhkan penyakit pneumonia

  •  Ekha Aprillia
    Anggota

    dok , saya punya anak laki2 umurnya 4bulan , sebulan yang lalu dia batuk, demam gak turun2 dan napas nya cepat , grok grok juga . lalu setelah saya bawa ke dokter anak saya terkena penyakit pneumonia dan akhirnya anak saya dirawat selama seminggu , selama dirawat anak saya di kasih obat puyer (u batuk) ,antibiotik dan oksigen , beserta anak saya harus diuap selama 6 jam 1x . tetapi saat saya plg dari rumah sakit nafas anak saya seperti nya belum normal seperti bayi normal laiin nya dan masih agak cepat dan grok grok .saya bingung dan sedih melihat nafas anak saya yg masihcepat. apa yg harus saya lakukan dok ? tindakan dan obat apa supaya anak saya benar2 sembuh dan nafas nya normal seperti bayi normal lain nya .mohon di jawab terima kasih

    Hai, Pneumonia adalah suatu kondisi dimana terdapat infeksi pada jaringan paru-paru. Penyebab infeksi pada pneumonia beragam, diantaranya terjadi karena adanya infeksi bakteri maupun virus. Pneumonia dapat terjadi pada orang berusia berapa saja, namun paling sering terjadi dan menimbulkan komplikasi yang fatal pada bayi dan anak-anak. Selain itu manula dan orang dengan daya tahan tubuh yang rendah juga lebih rentan terkena pneumonia. Gejala pneumonia yang paling khas dan mudah dilihat pada Anak dan bayi adalah demam, batuk, dan sesak nafas. Untuk mendiagnosis pneumonia perlu adanya pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter, serta adanya pemeriksaan penunjang lain seperti tes lab darah, rontgen, dan lainnya. Pengobatan pneumonia diantaranya adalah suportif untuk mengatasi gejala seperti dengan pemberian oksigen, nebulisasi (diuap), obat penurun panas, dan sebagainya. Selain itu pengobatan juga ditujukan untuk pemberantasan penyebab. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri dapat diobati dengan antibiotik yang sesuai dengan jenis/spesies bakteri yang menginfeksinya, sementara infeksi yang disebabkan oleh virus tidak memerlukan antibiotik. Jika Anda merasa anak Anda masih mengalami tanda-tanda pneumonia, sebaiknya bawa kembali anak Anda untuk menemui dokter spesialis anak secara langsung. Dokter perlu untuk memeriksa apakah infeksi masih ada, misalnya oleh karena bakteri yang ternyata telah resisten terhadap antibiotik yang diberikan sebelumnya, ataukah ada komplikasi lain akibat pneumonia. Jika penyebab telah diketahui maka penanganan yang sesuai dapat diberikan oleh dokter. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah dan mengatasi pneumonia :

    • hindari anak dari asap rokok
    • berikan banyak minum pada anak untuk mencegah dehidrasi
    • berikan vaksin untuk anak
    Artikel terkait yang dapat Anda baca : Pneumonia Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari

    Ekha Aprillia  Ekha Aprillia
    Anggota

    terima kasih info nya dok , kemarin saya habis dari dokter spesialis anak dan sudah dironsen hasil nya positif pneumonia dan sedang di cari apa penyebab nya karna anak saya sudah berapa kali kambuh batuk dan sesak nafas nya .