Tanya Dokter

  • Cara mengatasi kulit seperti luka bakar dan terasa sakit

  •  Misdar
    Anggota

    malam dok....bapak saya sudah setahun lebih belum sembuh-sembuh sakitnya itu seperti luka bakar sekarang di luar dah kering tapi masih terasa sakit bagian dalam, kata orang2  dilarang kena air ???...

    Misdar  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Misdar,

    Kondisi yang Anda alami mungkin dapat disebabkan oleh adanya gangguan kulit salah satunya dapat dipicu oleh infeksi virus herpes zoster, cacar api, infeksi bakteri seperti pemfigus atau impetigo yang dapat memberikan gambaran infeksi kulit seperti lepuh atau bintil berisi air mirip luka bakar.

    Untuk memastikannya Anda perlu melakukan pemeriksaan diri pada dokter atau dokter kulit agar dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk menentukan penyebab dari gangguan kulit yang dialami oleh bapak Anda dan memberikan penanganan sesuai penyebabnya.

    Pada herpes zoster sendiri jika tidak ditangani dengan baik selain dapat menimbulkan ruam pada kulit juga dapat menimbulkan komplikasi karena merusak saraf di area yang terinfeksi sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri yang dapat menetap hingga berbulan-bulan atau kondisi ini disebut dengan neuralgia pasca herpetik (NPH). NPH dapat menimbulkan gejala seperti nyeri dan sensasi seperti terbakar, nyeri tajam, dan menusuk, sensitif terhadap sentuhan, gatal dan mati rasa ataupun kelemahan otot jika terkena pada saraf untuk pergerakan.

    Untuk itu bawa bapak Anda berobat untuk segera mendapatkan penanganan sesuai berat ringannya gejala karena kondisi ini sulit diobati terlebih jika kerusakan saraf sudah lebih parah.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.