Tanya Dokter

  • sakit kepala hingga mata tidak bisa dibuka

  • Saya punya gejala penyakit. nafas tidak beraturan atau lebih cepat dari biasanya, detak jantung lebih cepat, lemas ga ada tenaga, perasaan takut, leher kaku, keringat dingin bahkan terkadang sering jatuh karena gak ada tenaga. gejala ini biasanya datang kalo saya mengalami sakit kepala yang sangat sakit bahkan matapun tak bisa dibuka karena pengaruh dari kepala tadi. mohon penjelasannya dok.

    Hi, Seperti yang kita ketahui, otak merupakan organ yang sangat kompleks dan fungsi semua organ tubuh diatur oleh otak. Otak mengatur indera penciuman, penglihatan, pendengaran, pernapasan, denyut jantung, otot, gerakan, dll. Jadi gangguan yang terjadi pada otak akan menyebabkan fungsi beberapa organ tubuh menjadi terganggu. Sakit kepala sendiri dibagi menjadi 2, yaitu primer dan sekunder. Sakit kepala primer terjadi bila rasa sakit yang terjadi bukan disebabkan oleh penyakit yang lain. Contoh sakit kepala primer :

    1. Migrain
    2. Sakit kepala tegang
    3. Sakit kepala cluster
    Sedangkan sakit kepala sekunder terjadi bila sakit kepala disebabkan karena adanya gangguan pada bagian tubuh yang lain. Contoh sakit kepala sekunder :
    1. Gangguan mata
    2. Gangguan telinga
    3. Infeksi gigi
    4. Sinusitis
    5. Flu
    6. Perubahan hormonal
    7. Radang otak
    8. Serangan panik
    9. Penyumbatan pembuluh darah otak
    10. Dll
    Sangat disarankan agar Anda menemui dokter spesialis saraf sesegera mungkin. Karena keluhan yang Anda rasakan sudah sangat mengganggu, lebih baik agar segera dicari tahu penyebab pastinya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang seperti cek darah, CT Scan, dan MRI bila diperlukan. Pengobatan yang diberikan pun akan disesuaikan dengan penyebabnya. Karena jika pengobatan atau terapi yang diberikan tidak sesuai, maka keluhan seperti ini akan kembali terulang. Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya rasa sakit kepala :
    • Beristirahat yang cukup
    • Meminum air yang cukup
    • Kurangi faktor pencetus stress
    • Makan tepat waktu
    • Hindari mengkonsumsi kafein
    • Rutin berolahraga
    • Hindari pencetus sakit kepala
    Semoga membantu, dr. Tri  

    Makasih dok untuk penjelasan dan sarannya. Secepatnya saya akan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.