Tanya Dokter

  • Obat apa yang bisa mengilangkan herpes genital

  •  fitri
    Anggota
    maaf dok , saya mau tanya tentang obat herpes genital dok . saya sudah ke dkter dok dan dokter berbicara saya terkena herpes dok . sakit saya ini sekitar dari bulan april dok , tapi pertama kali saya sakit itu selalu sembuh dan hilang sakitnya dok , tapi stelah berikutnya sakit saya selalu kumat tapi sembuh dan pada sampai akhirnya sekarang saya terkena lagi dok sakit'nya . dari awal saya kedokter saya hanya selalu di kasih obat aclyclovir yg tablet dan krim dok . Tapi memang saya juga salah dok , karena ketika saya sembuh saya di anjurkan kembali lagi chek up tapi saya tidak pernah kembali lagi dok dan sampai pada akhir'nya skarang luka'nya semakin banyak dok dan saya bingung harus berbuat apa . Kira solusinya bagaimana ya dok ?
    fitri  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Fitri,

    Herpes genital merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan karena infeksi virus herpes simpleks. Herpes genital ditandai dengan luka melepuh yang terasa perih, panas, nyeri, dan bisa gatal di sekitar alat kelamin, dubur, maupun mulut jika melakukan oral seks, selain itu juga bisa timbul rasa nyeri ketika buang air kecil.

    Pemeriksaan herpes genital umumnya cukup dengan wawancara dan pemeriksaan fisik saja, apabila diperlukan bisa dilakukan tes cairan luka dan PCR. Penanganan herpes genital adalah dengan antivirus dan antinyeri. Acyclovir adalah obayt antivirus yang bisa digunakan untuk mengatasi herpes genital.

    Perlu diketahui bahwa setelah diobati, gejala akan membaik dan herpes menjadi tidak aktif, tetapi virus masih ada di dalam tubuh (virus tidak bisa dimatikan seperti halnya bakteri) dan bisa kembali kambuh kapan saja ketika daya tahan tubuh sedang menurun. Mungkin yang terjadi pada Anda saat ini adalah kekambuhan herpes karena daya tahan tubuh sedang tidak fit.

    Apabila luka herpes semakin banyak, saya sarankan agar Anda memeriksakan diri kembali ke dokter supaya bisa mendapatkan penanganan yang adekuat ya. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan selama kambuh dan untuk mencegah kekambuhan dimasa mendatang yaitu:

    • Hindari berhubungan intim ketika luka herpes sedang aktif untuk mencegah penularan pada pasangan
    • Hindari seks bebas
    • Setia pada 1 pasangan yang sah
    • Menggunakan kondom ketika berhubungan
    • Bersihkan luka herpes dengan air dan sabun
    • Jaga agar luka herpes tetap kering
    • Gunakan celana dalam yang nyaman dan tidak ketat
    • Biasakan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh meningkat sehingga mengurangi resiko kekambuhan dengan istirahat cukup, olahrga teratur, makan makanan sehat dan bergizi, perbanyak minum air putih, dan kelola stress dengan baik

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Herpes genital

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y