Tanya Dokter

  • Leher terasa tegang dan kaku setiap hari serta sering pusing

  • Hy dok, selamat mlam saya ingin tanyak dok kenapaya setiap hari leher saya terasa tegang dan kaku tapi lebih anehnya lagi dok , sakitnya hanya sebelah kiri saja dok ,, Rasa nya tegang banget dok . sampai saya tidak sanggup untuk menahan sakit nya dok saya juga sering merasakan pusing setiap hari setiap 5 mnt , pusing ga nentu , Saya juga lagi hamil dok apakah itu tidak bahaya pada kandungan dok ,, dan apa yg harus lakukan dok

    Halo

    Kebanyakan penyebab nyeri dan kaku di leher adalah kram otot. Kram ototnya mungkin karena salah posisi ketika tidur atau beraktifitas atau bisa juga karena stres berlebihan. Kram otot yang ringan dapat hilang dengan sendirinya. Pijatan secara perlahan dinilai dapat mengurangi nyeri dan tegang yang ada.

    Apabila nyerinya dirasakan berlebihan dan menetap maka mungkin ini sudah termasuk suatu gangguan. Tension headache dan migrain adalah beberapa penyebab keluhan tersebut. Jika memang kondisi ini yang Anda alami maka sebaiknya Anda langsung memeriksakan diri ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut. Penanganan terbaik nantinya akan disesuaikan dengan penyebab yang ditemukan. 

    Anda tidak perlu terlalu khawatir sebab sebagian besar nyeri dan kaku di daerah leher tidak mempengaruhi kehamilan. Meski begitu sebaiknya Anda memang langsung memeriksakan diri ke dokter, sebab faktor kehamilan pun perlu diperhitungkan dokter mengenai terapi obat untuk nyeri dan kaku di leher.

    Semoga informasi ini bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil