Tanya Dokter

  • Penanganan batuk berdahak disertai pilek

  • Malam dok..saya mau tanya obat nebulizer utk anak usia 7 thn pake apa saja ya,beratny 35 kg,kmrn berobat cm dikasih anti biotik sm obat batpil biasa.padahal dahakny dktrny bilang bnyk.kr2 perlu ga ya dok utk di nebu?trimakasih

    Halo Olivia........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa tidak semua batuk yang berdahak membaik dengan prosedur nebulasi, akan tetapi jika Dokter yang telah memeriksa anak Anda mengatakan demikian, kemungkinan berdasarkan hasil pemeriksaan nebulasi perlu dilakukan.

    Nebulasi sendiri adalah prosedur pengobatan dengan menggunakan alat nebuliser yang bertujuan mengubah cairan obat menjadi uap sehingga diharapkan langsung bekerja pada saluran pernapasan. Melalui nebulasi, obat akan lebih dapat cepat bekerja di saluran pernapasan, sehingga dapat dengan cepat meredakan keluhan pada saluran pernapasan.

    Obat nebulasi ada beberapa macam, diantaranya adalah obat yang berfungsi untuk melebarkan saluran pernapasan, mengencerkan dahak, dll. Mengenai obat apa yang dipakai dan dosis nya, kami sangat menyarankan untuk kembali kepada Dokter yang telah menangani Anak Anda. Semua pemakaian obat yang membutuhkan resep haruslah disesuaikan dengan kondisi pasien pada saat pemeriksaan.

    Untuk mengurangi batuk pada anak Anda dan lebih mengencerkan dahaknya, selain dari mengonsumsi obat yang telah diberikan oleh Dokter, cobalah tips berikut ini : berikan minum air putih yang banyak, tepuk punggun anak dengan perlahan pada saat batuk, berikan air jahe hangat untuk melegakan tenggorokannya, hindari memberikan makanan dan minuman yang sangat manis ke anak.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    BATUK PADA ANAK

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati