Tanya Dokter

  • Obat batuk yang aman saat hamil

  •  nothing
    Anggota

    hai dok .

    saya mau brtanya nih , kmaren kan say uda 3 hari batuk dan hampir seminggu . saya lgi hamilkan dok 4 minggu gtuh trus kmaren* saya batuk brdahak dok dan bdan saya trasa lema setiap malam tidak bisa trtidur ,dan saya gak tahan kek gtuh trus . yauda kmaren saya mnum obat batuk OBX sbenarnya itu gak boleh kan dok buat saya . tpi saya mnum aja 1 sachet krna saya gaktahan dngan batuknya . jdi apa yg harus di mnum dok

    nothing  nothing
    Anggota

    dok knapa gak di jwab sih

    Hai,   Batuk saat hamil memang sangat mengganggu. Dan demi keamanan sang janin maka ada baiknya Anda berobat ke dokter dan memeriksakan kondisi Anda dibanding Anda meminum obat bebas yang belum jelas keamanannya. Untuk mengurangi gejala batuk saat hamil Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :

    1. Banyak mengkonsumsi air putih hangat.
    2. Makan gizi seimbang
    3. Hindari makanan / minuman yang terlalu manis dan merangsang batuk.
    4. Olahraga ringan
    5. Mengoleskan balsam pada leher/ dada dan punggung untuk meredakan batuk.
    6. Istirahat cukup
    7. Mengkonsumsi obat yang dianjurkan dokter dan dinyatakan aman dikonsumsi saat hamil seperti mukolitik jenis asetilsistein.
    8. Mengkonsumsi madu dan lemon tanpa gula.
    Batuk merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan kotoran dari saluran pernafasan seseorang.   Baca artikel batuk di SINI. Namun kadang batuk juga bisa menjadi indikasi / pertanda adanya kondisi medis yang perlu diperhatikan lebih jauh. Batuk berdahak memiliki penanganan berbeda dengan batuk kering, karena biasanya pada batuk berdahak sering disertai adanya kuman / bakteri patogen yang menyebabkan infeksi pada paru sehingga memproduksi dahak lebih banyak. Jika batuk yang Anda derita menimbulkan keluhan seperti dibawah ini maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk penanganan lanjutan yang tepat :
    1. Rasa sesak
    2. Tidak sembuh setelah 2 minggu
    3. Disertai penurunan berat badan
    4. Disertai darah pada lendir dahak.
    5. batuk sangat sering hingga menyebabkan kurang tidur / sampai menimbulkan inkontinensi (keluar BAK saat batuk).
    6. disertai demam tinggi dll.
    Baca Artikel Batuk Berdahak di SINI. Semoga membantu.   dr. Yusi