Tanya Dokter

  • Obat batuk dan pilek pada bayi

  •  Kumala
    Anggota
    Dok saya mau tanya, anak saya berusia 5 bulan. Dia sekarang batuk dan pilek udah sekitar semingguan. Sekarang dia kyak mau demam dok. Apa boleh saya kasih sirup turun panas?

    Haloo Ibu Kumala,

    Gejala batuk, pilek, demam pada bayi seringkali menandakan suatu infeksi pada saluran pernapasannya (ISPA). Pada umumnya disebabkan oleh virus/alergi yang umumnya dapat sembuh dengan sendirinya. ISPA juga dapat disebabkan oleh bakteri sehingga dalam pengobatannya diperlukan suatu antibiotika.

    Pada anak-anak, selain faktor hygine dirinya, seringkali ISPA didapatkan melalui penularan langsung oleh orang lain misalkan melalui percikan (dropplets) batuk atau bersin orang lain.

    Untuk penanganan awal di rumah, sangat penting bagi Anda memiliki termometer atau pengukur suhu sehingga sewaktu-waktu dapat Anda periksa suhu tubuh bayi Anda. Bila suhu tubuhnya  mencapai 38 C, kita katakan anak telah mengalami demam, dapat Anda berikan obat penurun panas seperti paracetamol sesuai berat badan bayi Anda ( 10-15 mg/kgBB/kali pemberian), dapat diulangi setiap 6-8 jam bila masih demam. Terapkan juga kompres hangat di ketiak, dada, dan dahinya. Di sisi lain banyak obat yang dijual bebas di apotek untuk menangani batuk pilek pada anak, tapi Anda harus tetap berhati-hati memberikan obat tertentu pada anak di bawah 6 bulan. Bila Anda memilih obat bebas tersebut, pastikan Anda memberikannya sesuai takaran yang dianjurkan dalam brosur obat. Akan tetapi, bila batuk pilek tak kunjung reda dengan obat tersebut, dan kadang pula pada beberapa anak dapat berlanjut menjadi sesak napas, maka dalam hal ini akan lebih baik bila Anda berkonsultasi secara langsung pada dokter. 

    Jagalah kebersihan tangan Anda ketika menyentuh bayi Anda. Potong pula kuku bayi Anda bila memanjang karena dapat menjadi tempat hidup kuman. Tetap lanjutkan ASI.

    Demikian semoga bermanfaat

    Terima kasih