Tanya Dokter

  • Obat batuk yang aman untuk anak penderita thalasemia

  •  Bunda DiFa
    Anggota

    Siang Dokter! Dok anak sy laki2 usia 8th. Dan di diagnosis thalasemia sejak 10bln yg lalu. Sampai saat ini rutin tranfusi drh satu bln sekali. Anak sy jg pny kss broncho pneumoni. Namn sejak mjd thaler, sy sering khawatr jk dia batuk. Krn ada pantangn konsumsi segala yg mengandung zat besi n vit c. Lalu adakah pantangn obat batuk bagi thaller? Dan apakah batuk bs menyebabkn menurunnya hb? Mksh Dok..

    Halo,   Penanganan batuk , baik penderita thalasemia atau bukan, perlu melihat penyebab batuk terlebih dahulu dan jenis batuknya. Obat batuk yang bersifat mukolitik (pengencer dahak) bisa dikatakan aman untuk digunakan pada penderita thalasemia. Batuk sendiri merupakan mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan dari kotoran dalam saluran pernafasan. Baca Topik Penyebab Batuk. Untuk menangani batuk pada anak Anda yang memiliki kekhususan maka beberapa langkah khusus untuk menangani batuk Anak Anda adalah dengan :

    1. Banyak konsumsi air putih hangat.
    2. Gunakan masker jika perlu bila bepergian / saat banyak anak lain mengalami batuk dan pilek di sekolah / sekitar rumah.
    3. Jaga suhu ruangan dan kelembaban kamar agar virus dan bakteri tidak bisa berkembang biak.
    4. Jaga kebersihan.
    5. Makan gizi seimbang.
    6. Istirahat cukup.
    7. Minum obat pereda batuk (batuk kering) seperti dextrometorfan sesuai anjuran dokter. Untuk mengatasi batuk berdahak bisa dengan menggunakan mukolitik seperti ambroxol dan bromhexin yang dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak Anda.
    8. Hindari makanan yang bisa memicu batuk seperti makanan yang terlalu manis, gorengan, terlalu berminyak dll.
    Batuk yang disebabkan virus maupun bakteri bisa menurunkan Hb karena serangan virus pada tubuh penderita thalasemia yang berujung  bisa mempercepat waktu transfusi darah, membuat penderita menjadi lemah dll. Baca artikel Thalasemia Semoga membantu.   dr. Yusi