Tanya Dokter

  • obat bevizil dan Liproqy

  •  ademita
    Anggota

    dok, apakah obat bevizil atau Liproqy termasuk obat untuk penderita psoriasis?

    ademita  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo ademita,

    Psoriasis merupakan peradangan pada kulit yang sifatnya kronis atau menahun. Gejala dari psoriasis sendiri diantaranya adalah kulit kemerahan, mengelupas, menebal, kering dan tampak bersisik. Sering kali gejala psoriasis muncul pada punggung, siku, betis, lutut dan kulit kepala.

    Psoriasis sendiri merupakan penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat. Penyabab pastinya sendiri tidak diketahui secara pasti tetapi beberapa hal yang dapat menjadi pemicu seperti stres, obesitas, cedera pada kulit, infeksi dan pengggunaan obat tertentu.

    Penanganan psoriasis sendiri bertujuan utnuk mengurangi gejala, memperbaiki tekstur kulit yang timbul gejala dan menghambat pertumbuhan sel kulit. Penanganan sendiri dapat menggunakan pemberian pelembab, obat kortikosteroid untuk mengatasi peradangan pada kulit, penghambat sistem kekebalan tubuh, vitamin D, coal tar, ataupun dengan fototerapi. Dokter juga dapat meresepkan beberapa obat lain jika pengobatan tidak efektif atau psoriasis yang lebih parah.

    Obat yang Anda sebutkan merupakan suplemen vitamin yang berisi vitamin A dan vitamin E yang sifatnya merupakan tambahan saja bukan sebagai obat untuk mengatasi psoriasis.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.