Tanya Dokter

  • Obat gangguan bipolar

  • Selamat pagi dok !

    Saya menderita bipolar disorder sudah empat tahun dok , dan sampai saat ini saya belum pernah minum obat obatan untuk mengatasi nya, kalo episode manic datang saya masih bisa kontrol dok, gitu juga kalo episode depres muncul, tp kalo episode depres muncul susah ngatasi nya dok, kalo saya coba lawan yg muncul malah mood saya jd labil dok, nah kalo mood uda labil itu rasanya sedih banget dok susah untuk normalkan nya kembali, saya merasakan episode manic depres gabung gitu,dan itu sangat mengganggu sekali dok.

    Apa boleh saya minta resep obat sama dokter buat pengatur mood dan menstabilkan suasana hati saya kalo lagi kambuh bipolar nya ?

    Dear Akbar, Gangguan bipolar adalah gangguan jiwa yang menyebabkan ketidakstabilan mood dimana pada suatu saat mood atau perasaan menjadi melambung atau merasa gembira dan bersemangat sekali (manik) namun di saat lain perasaaan bisa berubah menjadi sangat sedih (depresi). Perubahan mood ini sering tidak disebabkan oleh pencetus yang jelas. Mood dapat berubah (swing) naik turun secara cepat. Obat-obatan dewasa ini sudah cukup maju untuk mengobati gangguan bipolar. Kebanyakan obat antipsikotik generasi baru dipakai sebagai penstabil mood agar tidak terlalu drop juga tidak terlalu elasi (melambung tinggi). Selain itu obat antidepresan dan antimanik bisa diresepkan oleh dokter dimana konsumsinya disesuaikan dengan episode yang sedang berlangsung. Saat depresi antidepresan diberikan, saat manik antimanik diberikan. Butuh pendampingan dari orang terdekat jika penderita kurang bisa mengenali gejala-gejalanya. Untuk mendapatkan diagnosis dan penjelasan yang tepat, sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan psikiater. Obat-obatan yang sesuai dengan diagnosis akan diberikan. Jangan membeli obat sendiri tanpa resep dari psikiater. Berikut laman yang dapat Anda baca: Gangguan bipolar Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya

    Akbar Rangkuti  Akbar Rangkuti
    Anggota

    iya dok makasih info nya kalo vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh ada ga dok? biar kondisi fisik kita tetap sehat ?