Tanya Dokter

  • Mengatasi bisul pada ketiak

  •  Embe alifah
    Anggota
    Selamat mlm dok. Sy ada keluhan bisul di ketiak. Sudah kurang lebih 1 minggu belum meletus bisulx dan tidak menunjukkan tanda2 untuk meletus.tidak ada mata untuk keluarx nana. Trus pinggiran bisulx masih agak keras.

    Halo Embe Alifah

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter.

    Bisul timbul karena adanya peradangan di bawah kulit karena infeksi bakteri. Bisul adalah benjolan yang berisi nanah bewarna kemerahan dan terasa sakit. Bisul bisa terdapat pada setiap bagian tubuh. Adanya bisul bisa disertai oleh gejala lain seperti demam, kulit disekitar benjolan memerah, nyeri dan terdalat titik putih pada puncak bisul.

    Penaganan bisul harus diobati hingga sembuh dan perlu di evaluasi. Pengobatan bisul yaitu dengan antibiotik, anti peradangan serta bila perlu dilakukan pembedahan kecil. Untuk jangka waktu pengobatannya tergantung pada kondisi pasien serta keadaan bisul tersebut. Rata-rata pengobatannya adalah 7-10 hari tetapi kembali lagi sesuai kondisi.

    Tetapi sebelum itu Anda harus memastikan apakah benjolan di ketiak tersebut bisul atau bukan. Benjolan di ketiak bisa disebabkan karena hal lain seperti pembesaran kelenjar getah bening, kista, skin tag, lipoma dan abses

    Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu penyembuhan seperti:

    • Mengompres dengan air hangat setidaknya tiga kali sehari
    • Mengonsumsi obat Paracetamol sebagai pereda nyeri 
    • Hindari penggunaan deodorant
    • Hindari mencukur rambut ketiak

    sebaiknya periksakan ke dokter untuk memastikan apakah benjolan tersebut adalah bisul atau bukan.

    Semoga bermanfaat, dr. Asri