Tanya Dokter

  • Efek penggunaan obat bodrex dan kapsida terhadap janin

  •  Indah Dwi
    Anggota
    Dok nama sya indah Anak sya sdh 2 dok Skrng sy hamil lg Khmila. Yg k 3 Wktu awal khamilan mngkin khmilan 3 mnggu Sya mngkonsai obat bodrex 1 biji dlm wktu berbeda Atelah sy minum bodrek bsok y sy minum kapsida 3x1 stiap minu. 2 biji Ngtuh g ya dok ke janin sya Trimaksih
    Indah Dwi  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Indah,

    Selamat atas kehamilan Anda ya. Ketika hamil, ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi obat-obatan maupun suplemen tanpa anjuran dokter karena beberapa jenis obat dan suplemen bisa berpengaruh ke janin.

    Bodrex mengandung paracetamol dan caffein. Berdasarkan FDA, paracetamolmemiliki kategori B yang berarti aman digunakan selama kehamilan. Sedangkan caffeine memiliki kategori C dalam kehamilan yang berarti obat bisa digunakan selama manfaatnya lebih besar dibandingkan resikonya. Apabila Anda mengalami demam ataupun nyeri saat hamil, saya sarankan agar berkonsultasi langsung dengan dokter terlebih dahulu ya. Jika memang perlu, Anda bisa menggunakan paracetamol saat hamil, tetapi lebih baik pilih yang kandungannya paracetamol saja tanpa caffein ya.

    Adapun mengenai kapsida, kapsida mengandung bahan herbal yang manfaat dan resikonya pada ibu hamil masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi. Oleh sebab itu sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi suplemen herbal saat hamil tanpa pengawasan dokter ya. Apabila Anda ingin mengkonsumsi suplemen herbal, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda ya.

    Apabila Anda sudah terlanjur mengkonsumsi suplemen herbal, maka Anda juga tidak perlu khawatir terlebih dahulu. Langkah terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksakan kehamilan Anda dengan dokter kandungan supaya bisa diketahui bagaimana kondisi janin Anda ya. Bila diperlukan dokter kandungan juga bisa memberikan suplemen dan vitamin kehamilan untuk menunjang kesehatan janin dan ibu.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Paracetamol
    Kafein saat hamil

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y