Tanya Dokter

  • Obat bronchitis digabung suplemen tinggi protein

  • Hallo dokter. Saya Yogi, umur 19 tahun. Gini dok, bulan 9 tahun lalu saya di diaknosa mengidap penyakit bronchitis non spesifik. Minum obat ini itu tpi ga sembuh-sembuh. Hingga akhirnya saya disuruh minum obat 6 bulan rutin. Dan baru berjalan +- 2 bulan sampai sekarang. Dan permasalahannya saya pengen membentuk tubuh saya menjadi atletis dan salah satu syaratnya adlah minum suplemen tinggi protein. Yang mau saya tanyakan, ini boleh ga saya minum obat bronchitis sya sekalian juga minum suplemen tinggi protein tersebut?? Saya menggunakan Susu L'MEN. Trimakasih Dokter.

    ogipongtuluran  ogipongtuluran
    Anggota

    ogipongtuluran July 5, 2015 at 3:04 pm Hallo dokter. Saya Yogi, umur 19 tahun. Gini dok, bulan 9 tahun lalu saya di diaknosa mengidap penyakit bronchitis non spesifik. Minum obat ini itu tpi ga sembuh-sembuh. Hingga akhirnya saya disuruh minum obat 6 bulan rutin. Dan baru berjalan +- 2 bulan sampai sekarang. Dan permasalahannya saya pengen membentuk tubuh saya menjadi atletis dan salah satu syaratnya adlah minum suplemen tinggi protein. Yang mau saya tanyakan, ini boleh ga saya minum obat bronchitis sya sekalian juga minum suplemen tinggi protein tersebut?? Saya menggunakan Susu L’MEN. Trimakasih Dokter.
     

    ogipongtuluran  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Ogi, Bronchitis adalah suatu penyakit yang disebabkan akibat peradangan pada saluran nafas utama paru (bronkus). Penyebabnya bermacam-macam, termasuk diantaranya bakteri, virus, dan jamur. Pengobatan terhadap bronkitis umumnya mencangkup antibiotik/antijamur/antiviral jika disebabkan oleh hal tersebut, pengencer dahak/obat batuk, pelebar jalan nafas, kortikosteroid tergantung kebutuhan dan perawatan suportif lainnya untuk menunjang kekebalan tubuh dan asupan cairan yang cukup. Jika penyebabnya virus umumnya tidak memerlukan antibiotik. Jika penyebabnya kuman TBC umumnya memerlukan pengobatan terus-menerus selama setidaknya 6 bulan (seperti yang anda jalani, sehingga saya mengasumsikan penyebabnya adalah TBC). Pada pasien bronkitis asupan gizi yang baik sangat menunjang penyembuhan sehingga jika anda ingin mengkonsumsi suplemen tinggi protein seperti susu yang anda tulis maka sangat diperbolehkan dan tidak ada hambatan untuk itu. Hanya saja aturan pemakaiannya yang diperhatikan, jangan meminum obat-obatan tersebut bersamaan dengan susu. bebarapa hal lain yang perlu anda perhatikan :

    • cukup istirahat
    • minum banyak air putih
    • olahraga teratur
    • hindari debu dan asap
    • stop merokok
    bronchitis TB paru demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.