Tanya Dokter

  • Obat untuk penyakit scabies dan pantangannya

  • malam dok .. nama saya rudhy soekarno . saya mau nanya obat buat orang yang punya penyakit skabies apa ya dok ? dan larangan nya apa saja ? terima kasih

    Hai,   Skabies merupakan infeksi kulit akibat kutu / tungau yang bernama sarcoptes scabiei. Kutu ini sangat menyukai tempat yang lembab dan memakan jaringan kulit mati manusia yang rontok dan menempel pada kain seperti tirai, sprei, kasur, bed cover, selimut, baju dll. Serangan kutu ini biasanya mengenai 1 orang dan kemudian menginfeksi orang lain yang tinggal sekamar / serumah dengan penderita. Karena metode penularan dari penyakit ini adalah kontak langsung dengan kulit penderita jadi biasanya diagnosa skabies sangat mudah diketahui karena biasanya bisa menyerang 1 keluarga yang tinggal serumah. Gejala dari skabies adalah :

    • Rasa gatal yang sangat dan terutama memburuk saat malam hari.
    • Timbulnya terowongan kecil dengan benjolan kecil di ujungnya pada kulit.
    • Menyerang sela jari kaki, sela jari tangan , bokong, sekitar organ intim, punggung dll
    • Jika digaruk akan mengeluarkan cairan bening yang bisa menyebarkan rasa gatal pada tempat lain.
    • biasa menyerang 1 keluarga.
    Penanganan penyakit skabies adalah dengan pemberian obat oles pada bagian yang terasa gatal (tempat kutu berada) dengan obat tertentu seperti permethrin, malathion dan sulfur. Pengobatan obat topikal ini dibiarkan selama beberapa waktu ( sekiatar 12-24 jam) pada tubuh agar mencapai efek maksimal dalam membunuh kutu. dan kemudian dibilas dengan air bersih. Pengolesan obat topikal bisa diulang 1 minggu kemudian untuk memastikan bahwa seluruh kutu telah mati. Baca topik Rasa gatal pada skabies. Selain pengobatan pada pasien, beberapa langkah lain juga penting dalam memastikan bahwa kutu tidak akan menginfeksi Anda kembali yaitu :
    • Membersihkan seluruh kamar/ rumah dengan cara :
    1. Menyapu, memvakum seluruh lantai dan karpet dalam kamar Anda.
    2. menjemur kasur dalam panas matahari.
    3. merendam seluruh tirai, sprei, baju, bed cover, selimut dll ke dalam air panas dan kemudian mencuci dan menjemurnya dibawah panas matahari.
    4. Jika lemari Anda terbuat dari kayu dan kondisinya cukup lembab maka berikan anti lembab dan kamper pada lemari/ mengganti lemari kayu Anda dengan lemari plastik.
    5. Mengganti tirai, sprei, selimut dll seminggu - 2 minggu sekali.
    6. Jemur bantal dan guling Anda.
    • Menggunakan lotion calamin pada tempat gatal, hindari menggaruknya yang akan memperburuk kondisi Anda.
    • Obati juga keluarga Anda yang lain.
    • Mandi dengan air suam kuku sampai rasa gatal menghilang.
    Semoga membantu.   dr. Yusi

    Rudhy Soekarno  Rudhy Soekarno
    Anggota

    oh begitu ya dok .. tapi saya ini hanya meminum obat cefadroxil , dextamine , habatussauda , dan inclarin .. semua obat itu berhasil untuk menghilangkan gatel dan bintik bintik nya , tetapi sesudah obat itu habis . penyakit nya timbul lagi . itu kenapa ya dok ? apakah salah di obanya ? terima kasih dok .

    Halo,   Obat yang Anda sebut diatas adalah obat simptomatik untuk mengobati rasa gatal yang Anda keluhkan, namun obat tersebut tidak bisa membunuh kutu penyebab skabies. Konsultasikan kepada dokter yang merawat Anda mengenai penanganan lanjutan pada kondisi Anda. Jika Anda memang terbukti menderita skabies maka penanganan skabies dengan menggunakan obat oles jenis insektisida seperti permethrin akan diperlukan untuk membunuh kutu.   dr. Yusi

    Rudhy Soekarno  Rudhy Soekarno
    Anggota

    saya belom pernah ke dokter kulit dok .. tapi saya waktu itu nanya kepada dokter deket rumah saya .. dan dia bilang penyakit saya skabies .. selain obat oles ada obat dalem buat menghilangkan gatalnya dan menghilangkan bintik bintik nya ? mohon kasih tau saya dok , soalnya saya sudah 7 bulan lebih menderita penyakit ini dok .. dan saya setiap minggu nya selalu beli obat cefadroxil untuk menahan nya ... terima kasih dok .

    Rudhy Soekarno  Wenny MeiRi
    Anggota

    Dok sy mau tanya gejalanya gatal d bgian kulit sma sperti scBies trs di kasi interson gak mempan . Gatal smpe merah . Trbntuk trowongan juga d kulitnya . Jd seharusnya di kasi obat apa yg cocok ya dok ? Apakah harus dgn resep dokter?

    Rudhy Soekarno  Fionesactr
    Anggota

    SAYA PERNAH KENA SCABIES , SEMUA KELUARGA KECUALI AYAH KARENA JARANG ADA DIRUMAH . PAKAI CARA TRADISIONAL YANG D BACA D INTERNET TIDAK SEMBUH . SEPERTI OLI PANAS, CUKA , KUNYIT,KAYU PUTIH .. TAPI DOKTER HEWAN NYARANIN BELI SCABIMITE KE APOTEK . HARGA NYA 60RB WAKTU ITU . SELAIN ITU JAUHKAN PENYEBAB NYA SEPERTI KUCING . BAIKNYA D BERSIHKAN DAN D SUNTIK KE DOKTER HEWAN . SELAIN ITU BERSIHKAN SEGALA ISI RUMAH . JEMUR . DAN SPREI BAJU SEGALA MACAM RENDAM PAKAI AIR PANAS . ITU YANG SAYA LAKUKAN . DAN SKR SAYA SEMBUH

    Rudhy Soekarno  Siti Ima Rahmah
    Anggota

    Saya juga sekeluarga kena skabies.. mba/ mas beli salep scabimite aja di apotek pemakaian nya satu kali di ulang minggu berikutnya... lalu rutin mandi pake sulfur/ bubuk belerang alhamdulilah sy sudah agak membaik

    apakah makanan seperti ikan telur ayam juga berpangaruh terhadap penyakit skabies dok? Terimakasih

    Share pengalaman Maklum karena di pesantren sudah jadi hal wajar kalo santri itu biasa terkena Scabies. Dulu pertama kali kena scabies berobat ke dokter dikasih scabimite, katanya oleskan ke seluruh tubuh sebelum tidur, dan sebelumnya mandi pake air hangat. Setelah itu besoknya semua yang dipake mulai dari baju celana, sprei, selimut pokonya hampir semua yang ada dikamar bersihkan. Dan dokter juga menyarankan untuk mandi di pemandian air panas alami, alias yang mengandung belerang/sulfur. Alhasil dalam itungan hari sudah sembuh. Tapi sekarang kena Scabies lagi mungkin karena berobatnya beda klinik + dokter obatnya pun beda, beberapa minggu pun belum sembuh.

    Rudhy Soekarno  apriyadi
    Anggota

    efek samping make scabimite apa gatal gatal seperti ditusuk jarum ya mas,mbak? ane make scabimite setelahnya gatel gatel malahan

    Rudhy Soekarno  fb-andybagus
    Anggota

    Dok. Pasca terkena scabies. Cara menghilangkan kulitnya gimana? Jadi rusak dan belang2