Tanya Dokter

  • Pengaruh obat cacing terhadap penderita asam lambung dan fungsi hati

  •  Fita Ramona
    Anggota
    Dok boleh minum obat cacing yg penderita pungsi hati sama pemyakit asam lambung?..

    Hai Fita.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Cacingan merupakan keadaan dimana terdapat cacing yang menginfeksi tubuh khususnya saluran pencernaan. Ada beberapa cacing yang dapat menyebabkan cacingan, yaitu: cacing pita (berasal dari daging babi, daging sapi, atau ikan mentah), cacing tambang (terkena dari tanah yang terkontaminasi telur cacing atau ada cacing ini), dan cacing kremi (menelan makanan yang mengandung telur cacing atau dari tangan yang terkontaminasi).

    Gejala yang muncul dari seseorang yang cacingan yaitu: sakit perut, muntah, penurunan berat badan, gatal pada anus, diare, pusing, kelelaha, dan nafsu makan menurun. Cacingan dapat diobati dengan obat cacing seperti mebendazole, piperazine, pyrantel, dll yang baiknya dibeli dengan konsultasi dan resep dokter.

    Ada beberapa efek samping dari konsumsi obat cacing, yaitu: diare, alergi, mual. Sebaiknya hati- hati dengan konsumsi obat cacing bila anda ada alergi terhadap kandungan yang ada didalamnya, juga tidak semua obat cacing aman untuk liver sehingga bila anda ada gangguan fungsi hati maka periksakan diri anda ke dokter dan konsultasikan sehingga dokter akan memberikan obat cacing yang sesuai dengan kondisi anda. Dan tak lupa konsumsi obat sesuai dosis yang dianjurkan. Jaga kebersihan diri dan lingkungan, hindari berjalan tanpa alas kaki, konsumsi daging dan ikan yang matang benar, dan cuci tangan secara teratur.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti