Tanya Dokter

  • obat dan penanganan penyembuhan ISK

  •  whita
    Anggota

    Assalamualaikum... Pagi dok.. saya klo BAK sakit, tp kemihnya bsa dikatakan normal gak sedikit kluarnya, tp tdk bernanah/ darah, tdk demam dan mual. Saya sdh coba bxk mnm air dan tdk menahan kemih yang ada saya malah sering BAK, lalu saya s4 minum paracetamol 500 mg, tp hx sehari 1x. Besoknya saya mnum ciprofloxacin 500 mg dan stgah yg saya minum stelh itu tdk mngkonsumsinya lagi. Sempat 3 hari sakitnya hilang, tp yg ada pinggal saya sblh knan skit dan saya coba kompres dgn air hangat, alhamdulillah berkurang. Dan sakit saat BAK kmbali lg+sering BAK terlebih malam hri, tp tdk sesakit yang pertama kali ini sdh hr ke 10. kira2 sya hrs bgmn ya dok..?? sbaikx mnum paracetamol atw yg satunya? Mohon saran n bantuannya ya dok. Trima kasih. Wsslm...

    whita  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Whita, Gejala yang kamu rasakan memang sesuai dengan gejala-gejal ISK/infeksi saluran kemih. Penanganan infeksi saluran kemi =h sebaiknya tidak dilakukan sendiri tetapi dengan konsultasi dokter. Karena cara penanganan yang tidak teapt dan penggunaan antibiotika sembarangan (ciprofloksasin) seperti yang kamu lakukan tidak akan menyembuhkan (hanya menghilangkan sementara) dan malah akan memacu resistensi / kekebalan kuman terhadap antibiotika tersebut. Ciprofloxacin memang antibiotika yang umum digunakan sebagai terapi awal terhadap ISK. Tetapi penggunaan antibiotika haruslah diminum secara teratur dan sesuai dengan aturan pakai, baik dosis maupun frekuensinya,  sampai penyakit banr-benar hilang, pada kasus ISK umumnya terapi minimal 5-7 hari dengan dosis dan frekuansi yang juga tepat, tidak asal-asalan. Sebaiknya kamu mengunjungi dokter, dan mungkin akan diminta menjalani tes urin. Tujuannya adalah memastikan diagnosa dan mencari adanya penyulit yang mungkin ada (batu saluran kemih, kelainan anatomi, dsb) yang tentunya akan mengubah cara penanganan terhadap kasus ini. Parasetamol, ibuprofen, atau asam mefenamat bisa kamu gunakan untuk membantu mengurangi nyeri yang dirasakan.

    • Minum banyak air, minimal 2 liter sehari
    • Jangan menahan kencing
    • Patuhi cara minum obat, dan jika diberi antibiotik atau antiseptik saluran kemih, ikuti cara pakainya dan frekuansinya dengan teapt. Karena jika tidak, seringkali ISK nya akan kambuhan dan malah mencetuskan resistensi/kekebalan pada kuman penyebab.
    ISK diskusi ISK demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

    whita  whita
    Anggota

    Terima kasih dok atas saran dan bantuannya. Senang bisa share dgn Anda, semoga sukses dlm sgala hal, Amiin... Slamat bertugas kmbali. Wassalam,,, dan slmt pagi.