Tanya Dokter

  • Solusi atasi diare dan demam pada anak

  • Alo dok...!! Sudah 3 hari anak saya yg brusia 1,6 tahun mengalami mencret2 hingga 5x sehari, tapi intensitas b a b nya menurun hingga 3x di hari ini. Selain itu, dia juga sudah 2 hari demam (nggak tinggi) dan sering skali berkeringat. Saya hanya memberinya paracetamol sirup utk bayi. Apa harus saya bawa k dokter anak??

    Hai,

    Diare ditandai dengan frekuensi BAB yang meningkat dengan konsistensi lembek atau cair. Diare yang disertai demam dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya:

    - gastroenteritis, akibat infeksi virus atau bakteri

    - tifus

    Alergi makanan juga dapat menyebabkan diare. Tubuh yang kurang cairan (dehidrasi), misalnya akibat diare atau muntah yang sering dan tidak mendapat asupan cairan yang cukup, maka juga akan meningkatkan suhu tubuh.

    Cobalah ukur suhu tubuh anak menggunakan termometer, bukan hanya dengan perabaan tangan. Jika suhu lebih dari 37.5 derajat celcius, maka tubuh dalam kondisi demam.

    Halaman berikut membahas Demam pada anak

    Usahakan agar anak tetap mendapat asupan makanan dan cairan yang cukup. Berikan makanan yang bergizi. Jika nafsu makan berkurang, lebih baik makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering. Jaga higiene makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Memiliki waktu istirahat yang cukup.

    Kompres hangat dan obat parasetamol dapat diberikan untuk meredakan demam yang timbul. 

    Untuk mengetahui kondisi lebih lanjut, sebaiknya periksakan anak ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang yang diperlukan seperti tes darah atau pemeriksaan sampel tinja. Dokter akan memberikan jenis obat yang tepat sesuai dengan penyebab dasarnya.

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica