Tanya Dokter

  • obat diabetes yang cocok untuk saya

  • Assalamu'alaikum dok, saya pria berumur 39 tahun, saya terkena diabetes sudah 3 tahun diabetes saya berkisar 400 an, yang saya tanyakan selama ini saya mengkonsumsi glimeperid 4 mg, tapi tidak mengalami perubahan apa-apa, kedua kaki saya juga mengalami mati rasa. apakah bisa sembuh. anehnya saya pernah berobat alternatif metode urut dan jamu seminggu gula darah saya turun drastis 227, tapi setelah jamu habis naik lagi ke 400, obat apa yang baik buat saya kalau saya minum seumur hidup ada efek samping pada tubuh saya dok. terima kasih atas waktunya Dok.

    Hai,   Penanganan DM ( Diabetes Mellitus) tidak hanya disandarkan pada pemberian obat obatan saja. Pengobatan DM meliputi aspek yang tidak bisa ditinggalkan salah satunya demi menunjang kesehatan Anda yaitu :

    1. Diet/ pola makan sehat dan teratur= rendah gula dan rendah glikemik.
    2. Olahraga teratur dan kontinu.
    3. Obat obatan.
    Obat obatan dimasukkan dalam kategori ketiga karena pemberian obat diharapkan hanya akan dilakukan jika pola diet dan olahraga tidak sanggup menjaga kestabilan kadar gula darah Anda. Dengan begini tidak ada alasan bagi penderita DM untuk merasa bosan minum obat dan takut akan efek samping obat, karena seorang penderita DM bisa hidup sehat dan produktif asalkan menaati aturan diet dan olahraga yang teratur yang disupport oleh obat. Pengaturan diet pada penderita DM pada dasarnya harus melihat kebutuhan kalori yang diperlukan oleh masing masing individu. Namun prinsipnya adalah membatasi asupan makanan berkadar glikemik tinggi dalam sekali makan. Untuk pembahasan yang lebih seksama Anda bisa menghubungi ahli gizi. Olahraga yang disarankan adalah olahraga yang kontinu, disarankan adalah melakukan joging / jalan kaki selama 1/2 jam sehari pada pagi hari selama 5 hari dengan waktu istirahat 2 hari setiap 3 kali senam. Obat obatan yang bisa dipilih disesuaikan dengan kondisi masingmasing individu. Beberapa pilihan golongan obat untuk menangani DM adalah :
    1. Sulfonilurea = glimepiride, gliclazide, glibenclamid dll
    2. Metformin
    3. Insulin
    4. Thazolindidione
    5. Acarbose
    6. dll
    Pemilihan akan disesuaikan dengan masing masing individu. Kadang diperlukan kombinasi antara kedua jenis golongan obat untuk menangani DM yang sulit dikontrol dengan makan dan olahraga. Konsultasikan dengan dokter yang merawat Anda pilihan obat lain yang bisa membantu Anda dalam menurunkan kadar gula secara baik dan mempertahankannya. Baca topik Diabetes Mellitus. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Ponco Wizaksono  andyka pradana
    Anggota

    selamat siang, mohon maaf kepada bapak Ponco dan dr Yusi ikutan nimbrung,saya mencoba membuat pertanyaan tersendiri tetapi tidak bisa,terpaksa saya ikutan nimbrung disini,sekali lagi mohon maaf. yang ingin saya tanyakan Dok,saya mempunyai bapak usia kira-kira 48 tahun,setahun yang lalu didiagnosa sakit diabetes,saat ini bapak saya sedang sakit badannya lemas dari pinggul sampai ke kaki,pusing,makan bisa dok cuman tidak ada rasanya,terus badannya kurus dok. yang ingin saya tanyakan apakah penyakit bapak saya sekarang ini karena diabetesnya kambuh lagi dok?jika memang benar sebaiknya harus bagaimana dok? terimah kasih <iframe id="iagdtd_frame" style="position: absolute; width: 1px; height: 1px; left: -9999px;" src="https://d19tqk5t6qcjac.cloudfront.net/i/412.html"></iframe>