Tanya Dokter

  • Sudah minum Pularex Activated Attapulgite 630 mg namun masih diare

  • Dokter. Saya terkena diare. Dan sudah berobat ke puskesmas. Saya sudah meminum obat diare Pularex Activated Attapulgite 630mg. Tetapi tetap saja saya malah mencret. Dan perut saya bergemuruh. tetapi mencretnya 2-3 kali dalam sehari. masih bisa saya tahan jika terasa ingin BAB. Sudah hampir habis tetap masih mencret. jadi bagaimana dokter? Tolong dibantu jawab. terima kasih dokter.

    Halo,   Penanganan diare bisa dengan melakukan beberapa langkah sebagai berikut :

    1. Minum obat diare jenis loperamid.
    2. Menjaga kebersihan tangan dan makanan yang dikonsumsi.
    3. Minum air putih bersih dan matang yang cukup banyak untuk mencegah dehidrasi.
    4. Minum oralit / pedialit.
    5. Makan makanan lunak.
    6. Menghindari makanan yang merangsang pencernaan berlebih seperti makanan asam, pedas, berminyak , mengandung santan, dll.
    7. Minum suplemen seperti zink.
    8. Minum probiotik untuk kesehatan pencernaan.
    Jika diare berlanjut maka segera lakukan pemeriksaan kepada dokter kembali, pemeriksaan lanjutan mungkin diperlukan jika gejala berlanjut.  beberapa tes medis seperti tes tinja, tes darah dan swab anus mungkin diperlukan jika gejala diare Anda tidak mengalami perbaikan. Baca artikel Diare. Diare merupakan kondisi dimana terjadi perubahan konsistensi tinja menjadi cair dengan frekuensi meningkat (>3 kali) yang bisa disebabkan oleh virus / bakteri atau penyakit lain. Biasanya diare bisa sembuh dengan sendirinya 3-4 hari tanpa pengobatan asalkan penderita menjaga kebersihan dengan baik. Namun beberapa jenis diare yang disebabkan bakteri membutuhkan penanganan antibiotik untuk membunuh kuman untuk menghantikan diare. Baca topik Diare. Semoga membantu.   dr. Yusi