Tanya Dokter

  • Pengobatan hipertensi yang tepat

  •  Tihamah Amah
    Anggota
    Aslm,,,dok tensi 160 /82 sy minum diovan selama satu bulan dan bulan berikutnya juga masih dianjurkan minum diovan ,sekarang tensi sendiri dirumah dengan menggunakan tensi dijital 122/80 apa masih harus minum diovan

    Halo Tihamah,

    Terima kasih atas pertanyannya. Tekanan darah dinyatakan dalam dua angka, angka di atas menyatakan tekanan sistolik (yaitu tekanan saat jantung berkontraski memompa darah) dan angka di bawah menyatakan tekanan diastolik (yaitu tekanan pada pembuluh darah arteri ketika jantung dalam kondisi beristirahat memompa darah). Tekanan darah dikatakan normal bila tekanan sistolik berkisar lebih rendah atau sama dengan 120 mmHg, dan tekanan diastolik lebih rendah atau sama dengan 80 mmHg. Seseorang dikatakan mengalami hipertensi jika tekanan darah sistolik yang lebih dari atau sama dengan 140 mmHg dan/atau tekanan darah diastolik lebih dari atau sama dengan 90 mmHg. 

    Pengobatan hipertensi tidak hanya bergantung pada obat-obatan tetapi juga pada perubahan gaya hidup misalnya dengan pengaturan diet rendah gram, berolahraga teratur, menjaga berat tubuh tetap ideal, berhenti merokok, dan membatasi konsumsi minumal beralkohol. Pengobatan hipertensi sendiri cukup beragam, terdiri dari berbagai golongan obat dengan cara kerja yang bervariasi. Beberapa contoh golongan obat hipertensi adalah penghambat enzim angitensin II, penghambat reseptor angiotensin, penghambat sekat kalsium, penghambat reseptor beta, diuretik, dan lainnya. Pengobatan hipertensi biasanya merupakan pengobatan jangka panjang. Tekanan darah Anda saat ini terbilang normal karena efek obat tetapi jika pengobatan dihentikan belum tentu tekanan darah Anda akan tetap normal. Silakan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter Anda. Dokter perlu mengetahui kesehatan Anda secara umum dan melakukan pemeriksaan pada Anda. Bila perlu, dokter akan melakukan penyesuaian dosis jika memang tekanan darah Anda sudah terkontrol. Hindari menghentikan tanpa anjuran dokter.

    Semoga informasi ini berguna.

    dr. Aloisia