Tanya Dokter

  • Obat untuk Disfungsi Ereksi

  •  Adi92
    Anggota

    Hallo Dok, akhir2 ini saya mengalami disfungsi ereksi. Kemungkinan karna efek stress dan terlalu banyak onani. Adakah obatnya untuk disfungsi ereksi ini, jika berkenan nama obat tersebut apa ? 

    Dan kira2, makanan2 seperti apa agar disfungsi ereksi ini bisa hilang.

     

    Terimakasih

    Selamat malam, Adi. Terima kasih atas pertanyaan Anda.

    Ereksi merupakan suatu kondisi penegangan pada penis akibat meningkatnya aliran darah ke penis saat seseorang mengalami rangsangan seksual baik secara visual, perabaan, ataupun yang lainnya

     

    Impotensi atau disfungsi ereksi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ketidakmampuan penis memulai dan mempertahankan ereksi. Kondisi ini juga bisa disertai dengan penurunan gairah seksual. Pada dasarnya, impotensi biasa ditemukan pada laki-laki usia tua (> 60 tahun). Namun, karena beberapa kondisi tertentu, hal ini juga bisa terjadi pada usia yang lebih muda. Berikut beberapa penyebabnya :

    ·    faktor psikis - seperti depresi, cemas, ketakutan, trauma, masalah dengan pasangan; biasanya masih mengalami ereksi di pagi hari

    ·    faktor fisik - misalnya cedera di sekitar oragan intim, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, sumbatan pembuluh darah, obesitas, gangguan tiroid, dan sebagainya

    ·         obat-obatan tertentu

    ·         merokok dan konsumsi alkohol

    ·         dan sebagainya

     

    Onani atau masturbasi tidak berefek langsung terhadap impotensi. Akan tetapi bagi orang yang terlalu sering melakukan onani maka sensitifitas akan menurun. Hal inilah yang mungkin menyebabkan keluhan Anda, di samping faktor psikis.

     

    Penyempitan pembuluh darah penis memanglah hal yang mengakibatkan keluhan impotensi. Oleh karena itu, penyebab dari hal ini harus dicari, apakah memang stress yang Anda alami menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda, maka saya sarankan Anda untuk memeriksakan dan konsultasi dengan dokter spesialis urologi konsultan andrologi sehingga Anda dapat lebih mengerti penyebab dari keluhan Anda. Dokter nanti akan menanyakan keluhan Anda, melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti pemeriksaan darah, kadar gula darah, pemeriksaan dengan Doppler juga bila diperlukan.

    Penyakit ini dapat disembuhkan bila pencetusnya dihilangkan atau dikurangi, salah satu yang dapat menjadi penyebab utama adalah stress. Bila penyebabnya oleh stress maka keluhan ini akan membaik dengan berjalannya waktu. Yang dapat Anda coba lakukan antara lain :

    ·         Bila Anda dalam keadaan sendiri

    ·     Sibukkan diri Anda dengan kegiatan positif lain seperti berolahraga, kumpul bersama teman, beribadah. Semakin Anda sibuk, Anda akan terlupa melakukan onani.

    ·      Motivasi diri Anda dengan cara memberikan hadiah kecil pada diri Anda sendiri

    ·         Hentikan rokok dan minum beralkohol

    ·         Jaga berat badan ideal untuk menghindari impotensi

    ·         Berkonsultasi dengan orang terdekat untuk mendapatkan dukungan.

    ·         Makan makanan yang dapat mengatasi disfungsi ereksi seperti

    o  Bit

    o  Sayuran hijau

    o  Semangka

    o  Kakao

    o   Pistachio

    o   Kerang

    o   Pisang

    ·         Praktekkan pola hidup sehat dan minum air putih 2 L/hari

    ·         Kendalikan stress Anda dan perbanyak berdoa dan beribadah

    ·         Ikuti saran dokter yang merawat Anda.

    ·         Selain itu saya sarankan Anda juga untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ingat hidup kita hanya sementara dan di dunia hanya persinggahan.

     

    Bila keluhan Anda masih terus dialami dan bahkan bertambah parah, saya sarankan Anda bertemu psikiater, psikolog atau dokter spesialis jiwa. Informasi terkait dapat

     

    Anda baca pada artikel berikut: 

    Sisi positif dan negatif dari onani. 

    Ternyata Tidak Sulit Mengatasi Stres

     

    Semoga bermanfaat,

    Dr. Dian