Tanya Dokter

  • Konsumsi obat antibiotik yang beresiko saat kehamilan

  •  Yusuf Saputra
    Anggota
    Hallo dok, barusan saya cek/ kontrol hamil istri saya yg udah masuk usia 8 bulan. Kebetulan td liat hasil lab juga dokternya. Lalu dokter kasih resep & obat salah satunya antibiotik doxcycyline. Istri saya sudah minum satu tablet. Ketika saya cari di google banyak info tentang antibiotok tsb beresiko untuk ibu hamil dan janin. Gmn ya dok? Apakah istri saya lanjut minum antibiotic doxycycline atau berhenti aja ya? Saya takut dok. Terima kasih. Kalo berhenti apakah berbahaya? Antibiotik kn harus dihabiskan. Mohon jawaban nya dok. Saya ga bisa tidur khawatir istri dan anak saya dalam kandungan

    Yusuf yang baik,

    doksisiklin merupakan jenis antibiotik yang digunakan untuk menangani cakupan infeksi yang cukup luas. Namun demikian penggunaannya memang dibatasi pada kondisi-kondisi tertentu, misalnya pada kehamilan. Penggunaan doksisiklin pada trimester 2 dan 3 seringkali menyebabkan gigi susu dari bayi menjadi kekuningan. Namun gigi susu ini tentunya akan tanggal dan digantikan dengan gigi permanen yang tidak kekuningan. Selain itu yang banyak menjadi ketakutan orang adalah apakah bayi yang lahir akan menjadi cacat fisik. Sebagian besar pembentukan organ-organ dan bagian-bagian tubuh yang penting terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan. Pada masa inilah penggunaan obat-obatan tertentu harus dibatasi guna mencegah adanya kecacatan fisik. Namun demikian hingga saat ini belum ada data yang secara tegas menyatakan bahwa penggunaan doksisiklin berkaitan dengan kecacatan pada anak ketika nanti dilahirkan.

    Dengan demikian dibalik semua risiko tadi, doksisiklin tetap dapat digunakan dengan pertimbangan bahwa efek positif yang dibawa oleh doksisiklin melebih risiko negatif yang mungkin timbul. Lebih jauh mengenai hal ini tentu dapat Anda diskusikan bersama dengan dokter Anda. Berikut kami lampirkan artikel mengenai doksisiklin. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief