Tanya Dokter

  • obat yang ampuh untuk menangani epilepsi

  • Hi Dok, mau tanya ni...

    istri saya di vonis epilepsi sama dokter bedah saraf karena pernah terjadi pendarahan dikepalanya hingga dioperasi.

    istri saya sering kejang, kemudian dokter tersebut memberi obat phenytoin untuk terapinya, belum dua bulan istri saya kejang lagi durasi sekitar 10 menit, lalu dokter tersebut mengganti obatnya dengan phenobarbital, belum ada sebulan kejangnya kambuh lagi dengan durasi yang hampir sama. apa yang harus saya lakukan untuk istri saya dok untuk menghilangkan kejangnya?, apakah harus mengganti obat nya lagi? adakah obat herbal untuk epilepsi?

    NB: Istri saya kejang dalam keadaan sadar.

    Halo,   Penanganan epilepsi memerlukan pendekatan secara keseluruhan yakni

    1. Pendekatan dengan obat-obatan
    2. Perubahan pola hidup = tidak merokok, tidak minum alkohol, istirahat cukup, kelola stress, hindari kecemasan berlebih, olahraga teratur, relaksasi = yoga, taichi  dll.
    3. Perubahan pola makan sehat = hindari makanan berlemak tinggi, makanan berkadar gula tinggi, makan porsi kecil, hindari makanan dengan bau menyengat, dll.
    Pemilihan obat anti epilepsi memang memerlukan penyesuaian dengan usia, jenis kelamin, frekuensi kejang , lama kejang, adanya penyakit lain atau pengobatan lain yang sedang dijalani. Hingga saat ini tidak ada obat herbal untuk epilepsi yang bisa dipercaya efektivitas dan keamanan konsumsinya. Untuk itu segera konsultasikan permasalahan Anda dengan dokter syaraf yang merawat istri Anda. Penggantian obat anti epilepsi harus dilakukan dan diketahui oleh dokter yang merawat istri Anda untuk menghindari adanya komplikasi lain yang berbahaya. Beberapa jenis obat anti epilepsi antara lain adalah : Fenitoin, Fenobarbital, Carbamazepin ,Gabapentin dll. Pemilihan jenis obat ini akan disesuaikan dengan kondisi istri Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi