Tanya Dokter

  • lamanya racun obat excimer hilang di dalam tubuh

  •  Andi Nugraha
    Anggota

    Mlm dok.. dok saya mau tnya, berapa lama hilangnya racun obat excimer dalam tubuh dan apa saja untuk menetralkannya..

    terima kasih

    Andi Nugraha  Tim Alodokter
    Dokter

    Hai Andi, terima kasih atas pertanyaannya. 

    Excimer merupakan obat yang mengandung chlorpromazine, salah satu jenis obat yang tergolong ke dalam antipsikotik. Penggunaan obat ini HARUS dengan resep dokter dan diawasi selama pengobatannya. Excimer digunakan oleh dokter untuk mengobati:

    1. Gangguan mental dan mood seperti pada skizofrenia

    2. Gangguan psikotik

    3. Gangguan bipolar dengan episode manik

    4. Gangguan cemas sebelum dilakukannya prosedur operasi

    5. Gangguan perilaku kasar pada anak

    6. Mengatasi cegukan, mual dan muntah yang berkepanjangan

    Obat-obatan golongan antipsikotik merupakan obat keras dimana penggunaan dan dosisnya harus dengan indikasi yang sesuai atas perintah dokter. Efek samping penggunaan obat ini dapat menyebabkan agitasi, konstipasi atau susah BAB, pusing, mengantuk, mulut kering, pelebaran pupil, muntah, dan hidung tersumbat. Segera cari bantuan dokter jika terdapat bahaya setelah mengonsumsi obat ini:

    1. Reaksi anafilaksis, yaitu reaksi alergi berat yang ditandai dengan kesulitan bernapas, bengkak pada bibir, tenggorokan, bentol-bentol di kulit dan gatal.

    2. Nyeri dada dan irama jantung lebih cepat dan tidak teratur.

    3. Hilang kesadaran atau pingsan. 

    4. Kaku pada otot.

    5. Pemburukan pada kondisi mental dan mood.

    6. Gangguan penglihatan

    7. Interaksi dengan obat lain. Selalu beritahu dokter jika Anda mengonsumsi obat ini, karena interaksi dengan obat lain baik obat yang diresepkan maupun yang tidak diresepkan oleh dokter dan obat herbal dapat memperparah efek samping yang dihasilkan. 

    Chlorpromazine ini bekerja di dalam tubuh selama kurang lebih 30 jam, pembuangannya melalui urin. Untuk menghilangkan obat ini segera HENTIKAN penggunaannya sekarang juga. Jangan menggunakan obat ini lagi tanpa instruksi dari dokter. 

    Jika terdapat tanda-tanda berbahaya setelah mengonsumsi obat, segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat, dr. Lusy. 

    Andi Nugraha  Andi Nugraha
    Anggota

    untuk menghilangkan racun dalam tubuh akibat obat tersebut saya harus mengkonsumsi apa dok?

    dan jangka waktu brapa lama racun dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya akibat obat tersebut ?

    terima kasih ..

    Andi Nugraha  Tim Alodokter
    Dokter

    Obat tersebut akan berada di dalam tubuh selama 30 jam, selanjutnya akan dibuang melalui urin. Anda tidak perlu mengonsumsi apapun untuk mengeluarkan obat tersebut, karena melalui proses alami tubuh obat tersebut akan diproses secara alami lalu dibuang. Namun, hal ini juga bergantung dari kondisi tubuh Anda, apakah terdapat penyakit yang akan mempersulit pengeluaran obat melalui urin misalnya penyakit ginjal. Jika Anda tidak yakin dengan kondisi kesehatan Anda, saya sarankan untuk memeriksakan diri Anda ke dokter agar dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. 

    Jika obat ini Anda peroleh menggunakan resep dokter, Anda bisa konsultasi lebih jauh jika terdapat efek samping saat mengonsumsi obatnya. Akan tetapi, jika obat ini Anda peroleh tanpa menggunakan resep dokter, segera hentikan penggunaanya. 

    Semoga membantu, dr. Lusy

    Andi Nugraha  Andi Nugraha
    Anggota

    ok baik trimakasih banyak atas informasinya dok ..