Tanya Dokter

  • Obat flu dan batuk untuk anak usia 11 bulan

  •  anonymous
    Anggota

    dok. anak saya usia 11 bulan, sedang sakit demam, pilek disertai batuk. apa obat yang aman dan manjur untuk anak saya. soalnya tak bawa ke dokter malah dikasih obat antibiotik yang keras.

    terima kasih sebelumnya.

    Halo, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) adalah infeksi pada saluran napas, dalam jangka waktu kurang dari 2 minggu. Seringkali disebabkan oleh virus, namun dapat juga oleh bakteri. Infeksi virus ini biasanya akan sembuh sendiri (self-limiting), dan tidak membutuhkan antibiotik. Dalam hal infeksi dicurigai akibat bakteri, ditandai dengan dahak yang berwarna kuning atau hijau, atau batuk berlangsung lebih dari dua minggu, dokter dapat memberikan antibiotik untuk mengeradikasi bakteri penyebab batuk. Obat batuk, flu dan demam yang aman untuk anak-anak adalah yang mengandung glyceryl guaicolat atau guaifenesin sebagai ekspektoran dahak, paracetamol untuk menurunkan demam. Untuk obat flu seperti pseudoefedrin, digunakan bila keuntungan lebih besar dibanding kerugiannya. Pseudoefedrin sebaiknya tidak perlu diberikan pada anak dibawah 2 tahun, kalaupun diberikan, harus melalui resep dan berada dibawah pengawasan dokter. Selain obat-obatan dasar seperti paracetamol dan guaifenesin, anda dapat melakukan hal berikut:

    • Kompres air hangat
    • Berikan minum air putih setiap anak haus
    • Mengawasi pengeluaran urine/ buang air kecil (BAK)
    • Mengawasi kesadaran anak
    Apabila anak terlihat lemas, mengantuk terus menerus, tidak mau minum, BAK sedikit, dan kaki serta tangannya dingin, dikhawatirkan anak mengalami kekurangan cairan. Jika dijumpai kondisi tersebut, maka segera bawa anak ke pusat pelayanan kesehatan untuk segera menemui dokter.   Semoga membantu, dr. Agatha